JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Info Aktual

FGD Evaluasi Program UPSUS 2016/2017 dan Percepatan Tanam ASEP 2017

Pekanbaru- Rabu (16/08/) bertempat di Aula Hang Tuah BPTP Riau dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Program Upsus 2016/2017 dan Percepatan Tanam Asep 2017. Kegiatan ini dihadiri oleh Penanggungjawab (Penjab) Upsus wilayah Provinsi Riau, Dr. Abdul Basit, MS didampingi Dr. Ketut Kariyasa dan Ir. Mewa Haryani, MS; Kepala BPTP Balitbangtan Riau, Dr. Kuntoro Boga Andri, SP, M.Agr; Kepala Bidang Produksi Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Ir. Gusriani; Dinas Pertanian Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, Perwakilan Danrem 031 Wirabima, serta Liaison Officer (LO) dari 12 Kabupaten/Kota Provinsi Riau.

Kepala Balitbangtan: Tahun Ini dan Tahun Depan Adalah Tahun Benih

Bogor- Kepala Balitbangtan dalam arahannya pada acara workshop perbenihan yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu di Bogor mengatakan Tugas memperbanyak benih adalah kepercayaan yang diberikan kepada Balitbangtan dan untuk memperlihatkan eksistensi Balitbangtan bahwa inovasi yang dihasilkan bertujuan untuk kesejahteraan petani. Balitbangtan bukan hanya menghasilkan inovasi atas dasar perhitungan statistik yang indah tapi atas dasar kemanfaatan secara sosial dan ekonomi. Artinya bermuara kepada penerapan yang bermanfaat dan berkualitas bagi petani. Hasilnya adalah sudah 2 (dua) tahun Indonesia tidak mengimpor beras lagi dan sebentar lagi tidak mengimpor jagung dan kedelai. Ini berkat inovasi teknologi dan inovasi dalam diseminasinya misalnya kewajiban menggunakan varietas jagung Balitbangtan sebanyak 40% dalam program jagung. Termasuk juga inovasi dalam manajemen berupa pendekatan kepada institusi lain yaitu TNI, Kemen PU dll agar mau bekerjasama dengan Kementan. Penelitian dan pengembangan harus dalam “satu tarikan napas” sehingga kita harus bekerja cepat, jangan sampai kehilangan momentum. Kabalitbangtan mencontohkan Nasa 29 yang belum dilepas tapi dipromosikan dan sudah banyak yang antri untuk melisensinya. Demikian juga produk BB. Mektan yang sudah dilisensi oleh PT. Pindad walaupun baru prototipe.

Workshop Perbenihan dan Penyuluhan: Mari Tingkatkan Terus Kapasitas Penyuluh

Guna menyamakan persepsi terkait Permentan Nomor 19 thn 2017 tentang tugas dan fungsi baru Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dan untuk kegiatan diseminasi dan melaksanakan bimtek bagi penyuluh daerah; serta penyiapan perbenihan 2017, Balitbangtan menyelenggarakan Workshop Perbenihan dan Penyuluhan beberapa waktu yang lalu bertempat di Bogor. Workshop tersebut dihadiri Kepala BBP2TP, Kepala Puslitbang Tanaman Pangan, Kepala Puslitbang Perkebunan, Kepala Puslitbang Hortikultura, Kepala BPTP Balitbangtan, Kepala Balit Komoditas, PPK, ULP dan KSPP BPTP.  Narasumber yang dihadirkan antara lain dari beberapa ditjen teknis seperti Hortikultura, perkebunan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Itjen Pertanian, BB. Biogen serta  200 orang peserta dari UK/UPT Balitbangtan.

Bahas Tindaklanjut TTP Siak, BPTP Riau Kunjungi Distanbun Siak

Siak- Kepala BPTP Riau, Dr. Kuntoro Boga Andri, SP, M.Agr beserta rombongan melakukan koordinasi dan konsolidasi ke Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Siak beberapa waktu yang lalu guna membahas perkembangan TTP Siak ke depan. Kunjungan ini di sambut langsung oleh Kepala Dinas, Ir. Budiman Syafari, M.Kes beserta staf.

BPTP Riau Turut Sukseskan Gerakan Aku Cinta Sagu

Pekanbaru - Untuk mengangkat citra sagu sebagai salah satu pangan unggulan daerah, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau menggelar “Gerakan Aku Cinta Sagu” Selasa (8/8). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-72 dan Hari Jadi Provinsi Riau ke-60. Kegiatan dilaksanakan di Balai Pelangi Kediaman Gubernur Riau, bersamaan dengan penyelenggaraan Lomba Cipta Menu (LCM) Tingkat Provinsi Riau.

Dukung Percepatan Swasembada Pangan, Inhu Panen Raya

Inhu- BPTP Riau  turut hadir dalam panen raya padi di Desa Dusun Tua Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Ahad (6/8). Acara ini bertemakan ‘Mari dukung percepatan swasembada pangan melalui program upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai di Kabupaten Inhu’.