JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Optimalisasi dan Peningkatan Produksi Tanaman Pangan di Lahan Pesisir

Kep. Meranti - Optimalisasi dan Peningkatan Produksi Tanaman Pangan di Lahan Pesisir menjadi tema pada kegiatan Temu Informasi Teknologi (TIT) dan Pemecahan Masalah yang diadakan oleh BPTP Riau di Balai Desa Sendaur, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten  Kepulauan Meranti, Rabu (15/11/2017).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Kepulauan Meranti, Jaka Insita, SP, Camat  Kecamatan Rangsang Barat, H. Idris Sudin, M.Si, Kepala Desa Sendaur, Sanusi Pane, Kepala BPTP Riau yang diwakili Ka.Sie KsPP, Fahroji, S.TP, M.Sc, Narasumber dari BPTP Riau, 10 orang penyuluh Kabupaten Kepulauan Meranti serta 45 orang petani sebagai peserta.

Ka. Sie KsPP BPTP Riau dalam sambutannya menyampaikan bahwa BPTP Riau merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Pertanian yang ada di Provinsi Riau, yang salah satu tupoksinya adalah mendiseminasikan hasil-hasil pengkajian yang di hasilkan oleh Kementan. "Melalui kegiatan TIT ini diharapkan hasil pengkajian dapat sampai ke petani dan permasalahan usahatani dapat didiskusikan sehingga permasalahan yang ada dapat diatasi" Ujarnya.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Kepulauan Meranti, kegiatan yang diadakan oleh BPTP Riau ini agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh petani demi peningkatan produktivitas usaha tani di Kecamatan Rangsang Barat khususnya dan Kabupaten Kepulauan Meranti Umumnya. "Diskusikan dengan narasumber yang hadir tentang permasalahan - permasalahan yang dialami" tambahnya.

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini peneliti dari BPTP Riau,  Dahono, SP,. M.Si, yang menyampaikan materi tentang pengendalian hama tikus, Dr. Parlin Halomoan Sinaga, SP, MP, dengan materi teknologi budidaya padi dan jagung di lahan salin,  Rachmiwati Yusuf, S.Pi , M.Si dengan materi  pengendalian dan pembuatan pestisida nabati dan Marsid Jahari, SP, MP menyampaikan perbenihan padi dan jagung.

Harapan yang disampaikan peserta pada kesempatan ini adalah BPTP Riau dapat memperbanyak demplot percontohan untuk mempercepat adopsi teknologi oleh petani, dan praktek langsung pengendalian tikus dengan Trap Barrier System (TBS) serta teknologi yang dapat diterapkan untuk memperpanjang masa simpan benih.


   

 

hacklink nedir hacklink wso shell