JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Demfarm Jarwo Super di Daerah Perbatasan

Kuala Kampar- (15/11) Kecamatan Kuala Kampar merupakan kecamatan terluar di Kabupaten Pelalawan. Pulau Mendol atau yang lebih dikenal dengan Pulau Penyalai terletak di kecamatan ini. Pada umumnya, untuk pergi ke Mendol, penduduk menggunakan transportasi air seperti speed boat menyusuri sungai Kampar selama kurang lebih 5 jam. Perjalanan menuju Mendol yang lokasinya di Muara sungai Kampar cukup menantang karena arus yang deras dan ombak tinggi yang dikenal dengan “bono”.

Kecamatan Kuala Kampar terdiri dari 9 desa dan 1 kelurahan. Ibukota Kecamatan Kuala Kampar adalah Penyalai. Umumnya penduduk setempat menggunakan sepeda motor sebagai transportasi utama mereka, karena mobil sangat jarang ditemui di Pulau ini. Namun demikian, ternyata Kuala Kampar memendam potensi yang sangat besar. Lahan subur akibat sedimentasi Kampar membuat tanaman padi bisa tumbuh subur walaupun tanpa pemeliharaan optimal. Karenanya daerah ini menjadi lumbung pangan Kabupaten Pelalawan. Luas lahan sawah di pulau ini sekitar 5.921 ha hampir 80% dari total luas lahan sawah di Kabupaten Pelalawan.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Riau berkomitmen mendorong pengembangan pertanian di daerah ini melalui kegiatan Dukungan Inovasi Teknologi di Daerah Perbatasan. Sebagai salah satu bentuk dukungan inovasi teknologi terhadap pertanian di Mendol, BPTP Riau membuat dua Demfarm percontohan di Desa Sungai Solok seluas 3 ha dan Sungai Upih 2 ha.

Inovasi teknologi yang diintroduksikan adalah paket teknologi “Jarwo Super”, yang meliputi: penggunaan Varietas Unggul Baru (Inpari 21 dan Batang Piaman), penggunaan pupuk hayati (Agrimeth), sistem tanam jajar legowo, penggunaan biodekomposer (M-Dec), pengendalian hama terpadu, panen dengan Combine Harvester dan teknologi penanganan pascapanen. Saat ini kondisi pertanaman padi  cukup baik, serangan OPT seperti kepinding, orong-orong masih dapat dikendalikan dengan bantuan Petugas Pertanian lapangan (PPL) setempat yang mendampingi dan membantu teknis pengaplikasian serta mendiseminasikan beberapa komponen teknologi yang diterapkan kepada petani.

hacklink nedir hacklink wso shell