JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pelatihan Perbenihan Tanaman Jeruk

Tambang- Pelatihan perbenihan tanaman jeruk dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau pada hari Senin, 20 Oktober 2017. Pelatihan perbenihan jeruk ini sebagai dukungan teknologi untuk menghasilkan bibit jeruk bermutu di Kabupaten Kampar. Bibit jeruk bermutu menghasilkan tanaman jeruk yang sehat, bebas penyakit, seragam, masa produksi lebih lama, produktivitas tinggi dan buah berkualitas.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Sub Tropika (Balitjestro) Badan Litbang Pertanian, dan dihadiri oleh Peneliti Dahono, SP., M.Si dan teknisi BPTP Riau, Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Provinsi Riau, dan Kepala BPP Tambang.

Kepala BPP Tambang, Daryato, S.PKP menyampikan kegiatan ini sangat penting dilakukan, karena selama ini perbenihan jeruk di Kecamatan Tambang memiliki kualitas yang rendah. “Pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan petani dalam menghasilkan bibit jeruk bermutu” imbuhnya.

Hadir sebagai narasumber dari Balitjestro pada pelatihan ini, Dr. Sri Widyaningsih, SP, MP beserta tim yang mempresentasikan profil Balitjestro dan cara perbanyakan benih. Materi tentang regulasi perbenihan jeruk disampaikan oleh narasumber dari BPSB Provinsi Riau. Kegiatan ini dilanjutkan dengan praktek lapang.

Inovasi yang diperkenalkan dalam latihan ini adalah :

1. Teknologi Perbenihan

2. Pengolahan Blok Fondasi

3. Pengolahan Blok Penggandaan mata tempel (BPMT)

4. Pemilihan benih jeruk bermutu dan berlabel

5. Benih bebas dari patogen sistemik sperti CVPD

6. Dijamin kemurnian varietas batang bawah dan batang atas, kemudian dijelaskan juga tentang keuntungan penggunaan varietas berlabel yaitu : a. bebas dari penyakit CVPD, b. kemurnian varietas terjamin, c. pohon tegardan seragam, d. Produksi dan mutu benih terjamin, dan e. umur produksi lebih lama.

hacklink nedir hacklink wso shell