JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Katam Terpadu Bantu Tentukan Waktu Tanam Terbaik

Siak Sri Indrapura (29/11) – Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Riau, kembali mensosialisasikan Sistem Informasi (SI) Kalender Tanam (Katam) Terpadu. Bertempat di Dinas Pertanian Kabupaten Siak, acara sosialisasi tersebut dibuka oleh Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Siak, Zulkifli, S. Sos., M. Si.

Dalam sambutannya Zulkifli mengatakan bahwa kondisi alam yang tidak menentu saat ini, menyulitkan petani dalam menentukan waktu tanam yang tepat. Beliau berharap dengan adanya SI Kalender Tanam ini, petani dapat menyesuaikan dan menentukan waktu tanam terbaik, sekaligus memilih varietas dan pemupukan yang sesuai.

SI Kalender Tanam Terpadu merupakan system informasi yang dikembangkan oleh Balitbangtan di tahun 2007 dan disempurnakan kembali sehingga bisa memuat rekomendasi teknologi dan kebutuhan sarana produksi. Sosialisasi SI Kalender Tanam yang intensif di lapangan sangat diperlukan agar petani dapat menggunakan SI ini dan menjadikannya rujukan sebelum membuat keputusan terkait usahatani yang akan digarap.

Acara Sosialisasi SI Katam Terpadu juga dihadiri oleh Kepala BPTP Riau yang diwakili oleh Dahono, SP., M. Si serta penyuluh pertanian dari 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Siak. Dalam sambutannya, Dahono mengungkapkan bahwa beberapa langkah antisipatif yang dapat dilakukan dalam rangka menyikapi perubahan iklim adalah dengan menyesuaikan waktu tanam, penggunaan varietas adaptif yang tahan OPT, dan pengelolaan air secara efisien sesuai dengan rekomendasi kalender tanam.  Beliau juga menambahkan agar penyuluh nantinya dapat menyampaikan informasi KATAM terpadu ini kepada petani sehingga petani bisa memanfaatkan KATAM di lapangan. Pemilihan waktu tanam yang tepat diharapkan dapat memperbaiki produktivitas padi dan target Indonesia menjadi lumbung pangan dunia bisa tercapai.

Di acara sosialisasi tersebut, materi KATAM untuk menghadapi perubahan iklim disampaikan oleh peneliti BPTP Riau, Anis Fahri, SP., M. SI dan SI KATAM android dan media social disampaikan Bambang HM., S. Kom.


hacklink nedir hacklink wso shell