JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Workshop Perbenihan Tanaman Buah

Solok – Bertempat di Balitbu Tropika dilaksanakan Workshop Perbenihan Tanaman Buah Tahun 2017 dan Rencana Tahun 2018, pada tanggal 12-14 Desember 2017.

Acara workshop dibuka oleh Kapuslitbanghorti, diwakili Kabid KSPHP Puslitbanghorti Dr. Idha Widi Arsanti, SP, MP. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa tanaman buah tropika diminati oleh masyarakat luar negeri, khususnya buah-buahan seperti mangga. Untuk itu kita perlu mengembangkan buah-buahan khas yang memang disukai oleh konsumen.

Selain pengembangan buah tertentu, yang tidak kalah penting adalah penguatan kelembagaan petani yang dapat mendukung berkembangnya produk buah-buahan. Dalam hal ini dapat dilihat strategi yg dimiliki oleh New Zealand yang khusus mengembangkan buah kiwi dengan kelembagaan petani yang kuat sehingga mereka mampu menjadi negara eksportir buah kiwi. 

Dalam kesempatan ini, Kepala Balitbu Tropika Solok juga menyampaikan bahwa Balitbu Tropika Solok mendapatkan tugas pengembangan 9 komoditas buah dalam APBNP 2017, diantaranya pepaya, mangga, salak, durian, dll. Total bibit buah untuk 9 komoditas buah tersebut baik yang diproduksi Balitbu dan BPTP hampir 1 juta bibit. Bibit tersebut sebagian sudah didistribusikan kepada masyarakat. Balitbu menawarkan bibit buah kepada BPTP yang ingin mengembangkan komoditas buah-buahan tertentu.

Kepala BBP2TP yang diwakili oleh Prof. Yusdar menyampaikan Padu Padan Program Taman Sains Teknologi Pertanian (TSTP) dengan program perbenihan tanaman buah  merupakan perwujudan dari program Nawacita. TSTP harus bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.