JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosialisasi Asuransi Pertanian dan Ternak

Kuantan Singingi -  Peningkatan pengetahuan petani/peternak terkait pengelolaan resiko di bidang pertanian dan peternakan dibutuhkan  dalam usaha tani dan ternaknya. Berkaitan dengan hal tersebut, BPTP Riau mensosialisasikan  program Asuransi Pertanian yang merupakan program Kementerian Pertanian  Kepada Kelompok Tani Sidodadi Makmur dan Maju Makmur di desa Langsat Hulu, Kec Sentajo Raya, Kuansing pada hari kamis (14/12/17).

Acara dibuka oleh Kepala BPTP Riau, Dr Kuntoro Boga Andri, SP,M. Agr didampingi Kepala UPTD Sentajo Raya, Sukemi dan Sekdes Langsat Hulu, Welly.

Dalam arahannya, kepala BPTP Riau menyampaikan rasa syukur bahwa kelompok tani ini memperoleh hibah sebanyak 22 sapi dari Kementerian Pertanian. BPTP Riau sebagai UPT Kementan bertugas dalam mendampingi petani/peternak dalam penerapan teknologi yang baik dan benar. Lebih lanjut, kepala BPTP Riau menekankan pentingnya mengoptimalkan pemanfaatan sapi, sawit, limbah pertanian untuk peningkatan produksi pertanian dan ekonomi rumah tangga. Diharapkan petani/peternak dapat meningkatkan pengetahuan tentang kandungan nutrisi, komposisi hasil introduksi teknologi pakan dari hijauan rumput dan pelepah kelapa sawit yang diberikan pada ternak.

Sekdes Langsat Hulu menyambut baik kegiatan ini dan supaya dapat dimanfaatkan petani/peternak untuk meningkatkan pengetahuan terkait asuransi pertanian dan peternakan ini.

Materi sosialisasi Asuransi Pertanian dan ternak disampaikan oleh Rizqi Sari Anggaraini, SP,M. GFAB termasuk prosedur keikutsertaan petani/peternak dalam Program Asuransi ini. Penjelasan tentang  program SIWAB juga disampaikan oleh penjab Siwab BPTP Riau, Eka Novriandeni, SPt.

Petani/peternak sangat antusias dalam diskusi dan menyampaikan masukan terkait asuransi dan program Siwab ini, seperti apakah pembiayaan asuransi ini dapat untuk ternak yang sakit, selain itu permasalahan kurang tenaga inseminator sapi di Desa ini.