JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pemasyarakatan Hasil Pendampingan Kawasan Perkebunan

“Penggunaan Ferotrap pada kebun kelapa seluas 20 ha, telah berhasil menangkap hama kumbang kelapa lebih kurang 700 ekor, dengan rata-rata populasi kumbang tertangkap  37 ekor tiap minggunya. Penggunaan Ferotrap dalam pengendalian kumbang sebaiknya harus dilakukan secara terus menerus lebih dari 1 tahun mengingat siklus hidup kumbang juga lebih dari 1 tahun” ujar Dr. Rustam, peneliti BPTP Riau pada acara Pemasyarakatan Hasil Pendampingan Kawasan Perkebunan di Desa Pembenaan, Kecamatan Keritang, Indragiri Hilir, 16 Desember 2017.

Acara dihadiri oleh seluruh petani kooperator sebanyak 17 orang, staf Dinas Perkebunan Kabupaten Indragiri Hilir, dan tim pengkajian BPTP Riau.

Selain berhasil menangkap sebanyak 700 ekor hama kumbang, penggunaan Ferotrap juga berhasil mengurangi serangannya pada tanaman kelapa. Sementara itu, dalam periode pendampingan juga dilakukan aplikasi pemupukan tanaman kelapa spesifik lokasi sehingga secara umum pertanaman kelapa pada lahan demfarm seluas 20 ha tersebut juga menunjukan kondisi seperti sembuh dari sakit.

Daun tanaman kelapa terlihat utuh, tumbuh subur dan lebih hijau cerah dibandingkan dengan kondisi sebelumnya. Pengaruhnya terhadap peningkatan produksi atau produkrivitas diperkirakan akan meningkat, yang hasilnya baru dapat diketahui pada 6 bulan yang akan datang. Para petani dan petugas pertanian mengapresiasi kegiatan ini karena dilakukan dengan intens dan data populasi hama kumbang yang tertangkap dicatat dengan tertib dan rapi. Metode pendampingan ini, khususnya upaya pengendalian hama kumbang dapat diterapkan ditempat-tempat lain.