JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Workshop Laporan Dukungan Inovasi Pertanian Wilayah Perbatasan

Workshop Dukungan Inovasi Pertanian Wilayah Perbatasan (DIP-WP) dilaksanakan di Bogor yang diikuti oleh BPTP yang memiliki kegiatan DIP-WP yaitu BPTP Riau, Aceh, Sumut, Kepri,  Kalbar, Kaltim, NTT, Maluku Utara, maluku, Papua, Papua Barat, dan Sulawesi Utara. Acara dibuka oleh Ka BBP2TP, Dr. Haris Syahbuddin. Dalam sambutannya disampaiakan ada tiga model DIP-WP yang bisa diterapkan yaitu model papua, dimana untuk eksport tidak perlu persayaratn khusus, transportasi melalui laut dan komoditas yang dikembangkan adalah padi. Model ke dua yaitu NTT dimana negara eksport menyaratkan standar yang lebih rinci, melalui jalur darat, dan komoditas beragam (jagung, bawang merah dan ternak). Sedangkan  model ke-3 adalah Kalimantan dimana syarat eksport sangat ketat dan memalui jalur darat. Dalam laporan harus menyebutkan remaining issue.  Disamping itu juga kegiatan ini harus memperhatikan kelembagaan ekonomi pertanian (KEP) yang mendorong terbangunnya kemandirian petani . 

Kegiatan DIP-WP akan terus berlanjut sampai tahun 2019. Sekjend Kementan juga sedang menyusun kawasan ekonomi khusus wilayah perbatasan. Kegiatan DIP-WP  dilaksanakan dalam rangka untuk mendukung pengembangan lumbung pangan berorientasi ekspor di wilayah perbatasan (LPBE-WP)

Pada kesempatan ini juga dipaparkan Pedoman Umum DIP-WP oleh Dr. Trip Alamsyah. Tugas BPTP ada 3 yaitu 1). melakukan identifikasi potensi, peluang, permasalahan pengembangan pertanian di wilayah perbatasan guna penyusunan rancangan pengembangan LPBE-WP dan kegiatan DIP-WP, 2). Menyediakan dan mendiseminasikan inovasi pertanian mendukung pengembang LPBE-WP, DAN 3). Melakukan pendampingan inovasi pertanian pada lokasi pengembangan LPBE-WP.

Kegiatan yang bisa dilakukan BPTP meliputi 1). Identifikasi potensi, peluang, dan permasalahan pengembangan LPBE-WP, 2). TOT inovasi pertanian, 3). Pembuatan percontohan penerapan inovasi pertanian, 4). Advokasi perencanaan pengembangan LPBE-WP, 5). fasilitasi penerapan inovasi pertanian pada pengembangan LPBE-WP, 6). Pengkajian inovasi pertanian, 7). Pendataan pengembangan LPBE-WP, dan 8). Pelaporan kegiatan DIP-WP.

Masing-masing BPTP selanjutnya memaparkan progress kegiatan yang dilaksanakan dan mendapatkan masukan dari para pembahas.

hacklink nedir hacklink wso shell