JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Seminar Proposal, Mengawali Kegiatan TA. 2018 BPTP Riau

Pekanbaru - Seminar Proposal/RPTP/RDHP/ROPP merupakan suatu kegiatan rutin dari siklus kegiatan pengkajian, sebelum suatu kegiatan pengkajian dilaksanakan “ujar Kepala BPTP Riau Dr.Kuntoro Boga Andri, SP.,M.Agr dalam sambutannya pada acara sekaligus membuka acara seminar proposal kegiatan BPTP Riau yang dilaksanakan di Aula Hangtuah BPTP Riau, Selasa (23/01/2018).

Hadir selaku Evaluator Wakil Dekan III Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau (UIR) Fathurrahman, SP.,M.,Se, Ka Sub Bid Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Balitbang Provinsi Riau Miswaruddin, SP dan Rindukasih Bangun, Ketua Prodi Peternakan Fapertapet UIN Suska Riau Dr. Arsyadi Ali, S.Pt.,M.Agr. dan dihadiri semua peneliti,penyuluh, dan Litkayasa BPTP Riau.

Dalam arahannya Kepala BPTP Riau menyampaikan untuk setiap kegiatan ada demplot, teknologi serta contoh rancangan kegiatan, agar hasil kegiatan atau kajian dapat dijadikan tulisan ilmiah, sehingga fungsional peneliti/penyuluh tidak terputus. Selain itu, Kepala Balai juga mengharapkan seminar proposal ini diwarnai keilmuan, pengkajian, dan Diseminasi, serta diikuti sebaik-baiknya. “nantinya penanggung jawab kegiatan akan menandatangani Surat Pertanggung Jawaban Mutlak (SPTJM)” tambahnya.

Kegiatan seminar ini dibagi 3 (tiga) sesi, disesi  pertama dibahas 5 (lima) kegiatan yaitu Uji Adaptasi Teknologi Jarwo Super Padi di Lahan Sawah Pasang Surut yang dipaparkan oleh Rathi Frima Zona, SP., M.Sc; Uji Paket Teknologi Budidaya Jagung di Lahan Kering Daratan Rendah oleh Dr. Ida Nur Istina, SP.,M.Si; Pendampingan Kawasan Perkebunan dan Dukungan Perbenihan Komoditas Pepaya oleh Dr.Rustam, SP.,M.Si; Uji Paket Teknologi Proliga Bawang Merah di Lahan Kering Daratan Rendah oleh Suhendri Saputra, SP dengan moderator Drs. Empersi, M.Si.

Sesi kedua dengan moderator Ir. Oni Ekalinda membahas 6 (enam) kegiatan antara lain, Model Pertanian Bioindustri Terpadu Sawit-Sapi di Provinsi Riau yang disampaikan oleh Dahono, SP., M.Si; Pendampingan Pengembangan Kawasan Agribisnis Hortikultura oleh Sri Swastika, SP; Pendampingan Pengembangan Kawasan Peternakan oleh Eka Novriandeni, SP; Diseminasi Inovasi Teknologi Peternakan oleh Yayu Zurriyati, S.Pt., M.Si; Pameran dan Publikasi Inovasi Pertanian oleh Fahroji, STP., M.Sc.

Untuk sesi yang terakhir ada 5 (lima) proposal kegiatan yang dibahas, yaitu Taman Teknologi Pertanian oleh Dr.Parlin H Sinaga, SP.,MP; Sumber Daya Genetik oleh Hery Widyanto, SP; Produksi Benih dan Percepatan Diseminasi Varietas Unggul Baru oleh Usman, SP.,M.Si; serta kegiatan Penguatan Agrimart dan Dukungan Padi Pengembangan KRPL.