JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Panen Raya, Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Rokan Hulu- "Dengan panen bersama padi sawah kita tingkatkan produktivitas untuk meningkatkan kesejahteraan petani" menjadi tema dalam acara panen raya bersama Plt. Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman yang dilaksanakan di Desa Pasir Maju. Kec. Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Rabu (24/1/2018). Turut hadir pada acara panen ini Kepala BPTP Riau yang diwakili oleh Dahono, SP, M.Si serta LO BPTP Riau untuk Kab. Rokan Hulu, Usman, SP, M.Si, Ketua DPRD Rokan Hulu, Dandim 0313 KPR, Dinas TPH Bun Prov. Riau, Kejari, Kapolres, Ka. Dis  TPH Rohul, Kadisnakbun Rohul, Kadis KPP Rohul, Camat dan kades serta masyarakat kelompok Tani Maja Setia.

Kepala Dinas TPH, Kab. Rokan Hulu, Mubrizal, SP, MMA dalam laporannya selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa panen raya ini dilaksanakan pada lahan seluas 25 ha, yang mendapat bantuan dari program Upsus Pajale sebagai salah satu desa mandiri benih dari 9 desa yang ada di Kabupaten Rokan Hulu. Umur varietas Logawa yang dipanen 110 HST yang ditanam pada bulan November 2017 dengan provitas 5.2 ton/ha.

Lebih lanjut Mubrizal mengatakan bahwa di Kabupaten Rokan Hulu sudah 90% menggunakan alsintan mulai dari pengolahan tanah hingga panen. Namun luas padi sawah 2200 ha lebih kecil dibanding padi gogo yang mencapai 6000 ha. Kecilnya luas lahan padi sawah ini disebabkan terjadinya alih fungsi lahan karena adanya permasahan pengairan untuk pengelolaan lahan sawah tersebut.

Menurut Plt Bupati Rokan Hulu, permasalahan air yang menjadi kendala dalam peningkatan produksi pangan terutama untuk lahan lahan sawah di Kab. Rokan Hulu akan ditindaklanjuti dengan membuat perda sehingga air dapat mengalir ke lahan sawah petani dan diperlukan kerjasama dan kemauan dari semua pihak untuk mengurangi kebocoran dari saluran yang ada.

Selain itu pembuatan dan pengelolaan kanal akan lebih dioptimalkan dan diharapkan masyarakat agar mempertahankan lahan sawah yang ada. Tanaman perkebunan yg tidak produktif dikembalikan lagi menjadi lahan sawah sehingga tujuan utama dari pemerintah Kab. Rokan Hulu untuk kesejahteraan masyarakat dapat tercapai ujar Sukiman.