JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Melalui Panen Raya, Kita Percepat Inovasi Teknologi Pertanian

Kabupaten Kampar kembali melaksanakan panen raya padi.  Kali ini bertempat di Desa Pulau Tinggi Kelompok Babusalam Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, Bupati  Kampar H Zainal Aziz, SH, MH didampingi oleh jajaran SKPD Kabupaten Kampar melakukan panen raya bersama masyarakat desa Pulau Tinggi. Panen raya tersebut dilaksanakan Kamis 24 Januari 2018 pada lahan seluas 105 Ha dengan varietas PB 8 yang berdasarkan hasil ubinan diperoleh produkstivitas 6,8 ton/ha.

Kepala Dinas Pertanian Kampar Ir Hendri Dunan, MMA dalam laporannya selaku ketua pelaksana acara panen ini rasa bangga dan terimakasih pada petani padi setempat yang dinilai berhasil meningkatkan produktivitas padi dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya mencapai 3 – 4 ton/ha. Juga telah terjadi peningkatan Indeks pertanaman padi menjadi IP 200. Keberhasilan ini tidak terlepas dari masuknya alat dan mesin pertanian yang berasal dari APBD dan perbaikan teknologi budidaya dari penggunaan benih bermutu, pemupukan, pengendalian OPT dan pengairan serta pendampingan melalui program Upsus Pajale.  

Seiring dengan tema kali ini “Melalui Panen Raya, Kita Percepat Inovasi Teknologi & Mekanisasi Pertanian Guna Meningkatkan Produksi dan Pendapatan Petani”, Bupati Kampar menyampaikan tekadnya untuk mengupayakan pencapaian swasembada pangan khususnya untuk masyarakat Kampar. Proses panen dan pascapanen padi hingga menjadi beras tidak lagi menggunakan cara tradisional tetapi diperbaiki dengan teknologi yang ada sehingga losses dan lamanya waktu processing dapat diminimalisir. Penggunaan mesin rotary saat pengolahan tanah hingga panen dengan combine harvester diharapkan dapat membantu dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan petani.