JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sosialisasi Peta dan Workshop Master Plan/Action Plan Pengembangan Kawasan Pertanian

Yogyakarta- Biro Perencanaan Kementerian Pertanian melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peta dan Workshop Master Plan/Action Plan Pengembangan Kawasan Pertanian di The Rich Jogja Hotel dari tanggal 31 Januari - 2 Februari 2018. Turut hadir pada kesempatan ini Ka. Sie KsPP BPTP Riau, Fahroji, STP, M,Sc. Acara dibuka oleh Dr. Kasdi Subagyono selaku Kepala Biro Perencanaan Kementerian Pertanian.

Dalam sambutannya Ka. Biro menyampaikan bahwa pengembangan pertanian saat ini perlu mengunakan pendekatan kawasan. Produksi pertanian yang hanya dalam skala kecil dan tempatnya terpencar-pencar, menyebabkan industri kesulitan untuk mengakses produk yang dihasilkan petani. Master plan pengembangan kawasan pertanian harus menyertakan konsep korporasi untuk memberikan manfaat bagi petani. Selama ini pengembangan pertanian masih terpusat di sektor hulu, sehingga sektor hilir yang memberikan margin keuntungan besar, lebih banyak dinikmati oleh pedagang.

Beberapa materi yang disampaikan dalam pertemuan ini adalah mengangkat kesejahteraan petani dari perspektif socio entrepreneur, pengembangan dan pemanfaatan data spasial dan analisis sumberdaya lahan, pengembangan Sistem Informasi Kawasan Pertanian (SIKP), kebijakan pengembangan kawasan pertanian berbasis korporasi, sosialisasi peta kawasan cabai, bawang merah, perkebunan, dan sapi potong.

Prof. Bagong Suyanto sebagai narasumber mengangkat kesejahteraan petani dari perspektif socio entrepreneur menyebutkan upaya peningkatan kesejahteraan petani dapat dilakukan melaui dua cara yaitu penganekaragaman pendapatan petani, bukan hanya dari satu sumber saja dengan peningkatan produktivitas karena belum ada fakta ilmiah yang mengungkap korelasi peningkatan produktivitas dengan peningkatan pendapatan petani dan perlu dilakukannya efisiensi biaya produksi yang digunakan petani.

Setelah itu dilanjutkan dengan diskusi penyusunan master plan/action plan tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan peternakan. Acara diakhiri dengan presentasi hasil workshop.

 

hacklink nedir hacklink wso shell