JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kecamatan Merbau, Meranti Menjadi Daerah Pengembangan Perbatasan

Meranti- Selain Kecamatan Rangsang Pesisir, Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi salah satu lokasi pengembangan Rancangan Pengembangan LPBE-WP (Lumbung Pangan Berorientasi Ekspor Wilayah Perbatasan. .

Tim kegiatan perbatasan BPTP Riau beberapa hari yang lalu juga melaksanakan identifikasi lapangan di Kecamatan Merbau tepatnya di Kelurahan Teluk Belitung. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggali informasi/data dukung dari Petani, KTNA dan tokoh masyarakat setempat sebanyak 20 orang.

Beberapa komoditas yang berpotensi dikembangkan di Kecamatan Merbau adalah karet (2855 ha), sagu (5221 ha), kelapa 536 (ha), sawit (60 ha), pinang (30 ha) dan beberapa komoditas hortikultura dan peternakan seperti ayam petelur, ayam pedaging, kambing dan sapi.

Permasalahan utama yang saat ini masih dihadapi masyarakat/petani setempat adalah produktivitas sangat rendah hal ini disebabkan oleh kesuburan lahan yang rendah, hama penyakit, bibit yang tidak bagus, teknik budidaya yang masih tradisional serta penanganan pascapanen yang belum maksimal.

Petani/masyarakat Kecamatan Merbau sangat mengharapkan inovasi teknologi yang dapat mengembangkan potensi pertanian di Merbau. Beberapa inovasi teknologi yang sangat dibutuhkan antara lain teknologi varietas unggul baru, teknologi budidaya dan pasca panen serta perbaikan tata kelola air.