JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Integrasi Itik dengan Padi di Kabupaten Inhil

Inhil- Berlokasi di Desa Kempas Jaya, Kecamatan Kempas, Kabupaten Indragiri Hilir tim kegiatan Kajian Integrasi Itik-Padi Jarwo Super di Lahan Sawah Pasang Surut BPTP Riau melakukan penanaman padi varietas Batang Piaman beberapa hari yang lalu. Penanaman padi ini menerapkan teknologi Jarwo Super dengan sistem legowo 2:1 dan jarak tanam 25 x 12,5 cm. Selain menerapkan teknologi jarwo, inovasi baru yang diperkenalkan adalah budidaya itik petelur yang di integrasikan dengan budidaya padi.

Untuk penanaman padi, kegiatan diawali dengan menyiapkan benih padi yang telah disemaikan 18 hari yang lalu. Setelah benih padi dicabut dari tempat persemaian, dilanjutkan dengan penanaman di persawahan. Sebelum dilakukan penanaman disawah terlebih dahulu diberi tanda atau garis untuk memudahkan sewaktu penanaman. Penanaman dilakukan oleh ibu-ibu tani dan dibantu oleh petani pemilik lahan. Luas lahan yang digunakan untuk kegiatan ini adalah 1 Ha yang terbagi menjadi 4 petakan dengan luas masing-masing 0,25 ha..

Setelah selesai penanaman padi, dilanjutkan dengan pembuatan kandang itik, kandang dibuat dengan ukuran 4 x 6 m dan tinggi 2 m. Untuk lantai papan menggunakan konstruksi kayu. Letak kandang untuk kajian ini dibuat ditengah-tengah areal persawahan, kandang dibagi atau disekat menjadi 4 ruangan, satu ruangan berukuran 2 x 3 m masing-masing ruang dibuatkan pintu kecil untuk keluar dan masuk itik serta satu buah pintu yang besar untuk akses petani mengontrol di dalam kandang. Setiap ruangan atau kandang  akan diisi sebanyak ± 30 ekor itik. Untuk menghindari itik tidak keluar jauh dari wilayah kajian, maka areal persawahan introduksi kajian dipasang pagar keliling menggunakan waring.

Dengan adanya integrasi itik dan padi jarwo super di lahan sawah pasang surut ini diharapkan dapat menambah pendapatan petani melalui penjualan telur itik sebagai sumber pendapatan tambahan selain bertanam padi.