JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Peneliti BPTP Riau Dampingi Kegiatan BBSDLP

Siak - Peneliti BPTP Riau Nurhayati, SP., M.Si dan Hery Widyanto, SP mendampingi tim peneliti dari BBSDLP Dr. Ir. Budi Kartiwa CESA dan Adang Hamdani,SP.,M.Si dalam pelaksanaan kegiatan pemasangan piezometer dan pengukuran emisi Gas Rumah Kaca (GRK) beberapa hari yang lalu. Kedua kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan “Kajian Teknis Penerapan Pengaturan Tinggi Muka Air (TMA) Terhadap Produksi, Emisi GRK dan Subsidence pada Lahan Gambut yang Dibudidayakan” yang salah satu wilayah kegiatannya berada di Provinsi Riau, tepatnya di desa Pangkalan Pisang, Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengkajian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaturan tinggi muka air terhadap produksi tanaman, emisi GRK dan subsidensi pada lahan gambut yang dibudidayakan.

Pemasangan piezometer dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan micro leveling permukaan lahan gambut untuk memastikan titik-titik yang akan dipasang piezometer sehingga dapat mewakili kondisi lahan secara keseluruhan.

Untuk pengukuran emisi GRK dilakukan pada jarak 50 m, 100 m dan 150 m dari saluran drainase tersier untuk setiap blok pengamatan. Selain kedua aspek tersebut, dilakukan juga pengamatan laju penurunan permukaan lahan gambut (subsiden) dan produktivitas tanaman kelapa sawit secara berkala.