JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Visitors Counter

778
TodayToday41
YesterdayYesterday131
This_WeekThis_Week330
This_MonthThis_Month778
All_DaysAll_Days778

Indigofera, Sumber Hijauan Pakan Ternak

Tapung -Tim kegiatan Pendampingam Siwab BPTP Riau melaksanakan pemindahan semaian Indigofera kedalam polibag di kelompok ternak Pujakesuma, Desa Indrapuri, Kec. Tapung, Kab. Kampar beberapa hari yang lalu. Tim Siwab BPTP Riau dibantu oleh beberapa orang pekerja lapangan mengisi tanah hitam yang telah dicampur pupuk kandang dan dolomit kedalam polibag berukuran 10 x 15 cm.

Semaian yang dipindahkan ke dalam polibag sebanyak 1.600 batang tanaman kemudian disusun diareal dengan ukuran 3 x 5 meter yang dibagi menjadi 3 baris dan diberi atap paranet serta dipagar dengan menggunakan waring agar terhindar dari teriknya sinar matahari dan gangguan binatang.

Diharapkan tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dan 1,5 bulan kedepan akan ditanam langsung ke tanah pada areal yang telah disiapkan oleh peternak di Desa Indrapuri.

Indigofera sebagai makanan ternak memiliki keunggulan dengan kandungan taninya sangat rendah antara 0,6 – 1,4 ppm dibawah taraf yang menimbulkan sifat anti nutrisi.  Disukai ternak karena rendahnya kandungan tannin yang berdampak positif pada palatabilitas.  Indigofera juga  sangat baik dimanfaatkan sebagai hijauan pakan ternak dan mengandung protein kasar 27,9%, serat kasar 15,25%, kalsium 0,22% dan fosfor 0,18%. Leguminosa Indigofera sp. memiliki kandungan protein yang tinggi, toleran terhadap musim kering, genangan air dan tahan terhadap salinitas  Sehingga sangat membantu para peternak untuk dapat menyediakan pakan hijauan untuk ternaknya.