JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Visitors Counter

778
TodayToday41
YesterdayYesterday131
This_WeekThis_Week330
This_MonthThis_Month778
All_DaysAll_Days778

Survei Lapang Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan

Kampar- Tim Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan (OPA), Upsus Pusat dan BPTP Riau melaksanakan survei di dua kelompok tani Desa Padang Mutung, Kecamatan Kampar, dan Desa Pulau Tinggi, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Kamis (10/05/2018).

Di Desa Padang Mutung tim didampingi oleh ketua Gapoktan, Tunas Mekar, ketua UPJA dan ketua P3A, Marzain. Luas Lahan Gapoktan 16 ha yang dikelola oleh 2 (dua) kelompok tani. Selama ini persiapan lahan yang dilakukan adalah dengan TOT dan olah tanah sempurna dengan menggunakan cangkul. Untuk pengairan perlu adanya kelembagaan, karena manajemen pembagian air tidak adil sehingga sering terjadi kebocoran ke masyarakat yang memelihara ikan. Semangat anggota kelompok tani untuk meningkatkan IP 200 sangat tinggi, tapi dengan kekurangan peralatan dan tidak tertibnya manajemen air tidak seluruh lahan yang ada ditanami oleh petani. Oleh karena itu diperlukan peran pengambil kebijakan untuk menata dan menertibkan permasalahan tersebut,

Di desa Pulau Tinggi tim didampingi oleh Kepala BPP, Kepala Desa dan Ketua Kelompok Tani Babu Salam, Rico Hermanto. Jumlah anggota poktan sebanyak 107 orang dengan luas lahan 30 ha. Kelompok tani ini didominasi oleh kaum muda dan biasanya bertanam padi setahun sekali, namun tahun ini semangat anggota kelompok tani sangat tinggi sehingga akan dicoba untuk meningkatkan menjadi IP 200. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya peralatan sehingga pengolahan lahan harus menyewa ke kelompok tani lain, dari 30 ha tahun ini hanya 5 ha yg baru ditanami.