JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Visitors Counter

762
TodayToday25
YesterdayYesterday131
This_WeekThis_Week314
This_MonthThis_Month762
All_DaysAll_Days762

Optimalisasi Penggunaan Alsintan untuk Tingkatkan Produksi

Pekanbaru, Siak- Untuk mengoptimalisasi penggunaan alsintan di Provinsi perlu dilakukan suatu pendampingan. Untuk itu Tim Pendampingan optimalisasi penggunaan alsintan, Dr. Herlina Tarigan selaku penanggungjawab kegiatan bersama penanggungjawab Upsus Ir. Mewa A, MS serta Koordinator Upsus BPTP Riau, Dahono, SP, M.Si melaksanakan pertemuan di  Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau dan Dinas Pertanian Kabupaten Siak.

Hasil kegiatan optimalisasi Alsintan diperoleh data bahwa di Provinsi Riau memiliki alat Traktor Roda 2 sebanyak 1.296 buah, Traktor Roda 4 sebanyak 121 buah, pompa air sebanyak 891 buah, combine harvester Kecil sebanyak 191 buah, combine harvester sedang sebanyak 79 buah dan combine harvester besar sebanyak 28 buah, yang tersebar 12 kab/kota di Provinsi Riau, setelah selesai memverifikasi alsin di Dinas Tanaman Hortikultura dan Perkebunan Prov. Riau dilanjutkan verifikasi ke Dinas Pertanian Kabupaten Siak.

Menurut Kadistan Kabupaten Siak, Budiman Safari bahwa semua alsin di Siak sudah dimanfaatkan oleh petani seperti Traktor roda 2, roda 4 pompa air dan combine harvester kecil, sedang dan besar. Menurut Budiman Safari bahwa Kecamatan Bunga Raya telah memiliki pompa besar yg dapat mengisap air dari Sungai Siak untuk dialirkan ke saluran sekunder dan primer, kedepan kalau mesin pompa air sudah bagus di Siak akan dilakukan IP 300. Sedangkan alat panen bantuan pemerintah yang terdiri dari alat panen kecil dan sedang tidak efektif karena membutuhkan waktu panen cukup lama, untuk 1 ha sawah butuh waktu panen 0.5 hari dan kehilangan hasil (losses) juga besar, untuk combine besar dengan luas yg sama butuh waktu panen hanya 1 jam dan losses sangat rendah.

Pembuatan laporan alsin dilakukan setiap hari melalui penyuluh lapang, dan rencananya akan dibuat WA group untuk memudahkan komunikasi.