JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Visitors Counter

762
TodayToday25
YesterdayYesterday131
This_WeekThis_Week314
This_MonthThis_Month762
All_DaysAll_Days762

Sosialisasi OPA di Provinsi Riau

Pekanbaru - Optimalisasi Penggunaan Alsintan (OPA) merupakan salah satu program  Kementerian Pertanian dalam upaya  percepatan pembangunan pertanian nasional. Guna mensukseskan program ini, Penanggungjawab Pusat  OPA  untuk Provinsi Riau dari Pusat Sosial Ekonomi Pertanian (PSEKP) , Dr. Herlina Tarigan beserta tim melaksanakan kegiatan sosialisasi OPA di Aula Hang Tuah BPTP Riau, Rabu (30/03/18).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPTP Riau, Dr. Ir. Nana Sutrisna, MP, Ka.Sie Pupuk Pestisida dan Alsintan UPT Mekanisasi Pertanian Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Alwani, LO dan Penyuluh  BPTP Riau  untuk 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau.

Berdasarkan  data dari Kementerian Pertanian, Jumlah bantuan alsintan yang sudah diberikan ke petani di Provinsi Riau sebanyak 2.602 unit, yang terdiri dari 1.296 unit traktor roda dua, 121 unit traktor roda empat, 187 unit combain harvester kecil, 79 unit combain harvester sedang, 28 unit combain harvester besar dan sebanyak 891 unit pompa air. Alsintan yang sudah diberikan kepada petani diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk peningkatan luas tambah tanam (LTT). 

Herlina menjelaskan  mekanisme pelaksanaan OPA meliputi : Sosialisasi, optimalisasi pemanfaatan alsintan, inventarisasi, pelaporan harian realisasi pemanfaatan alsintan tingkat provinsi dan kabupaten/kota dan memobilisasi peningkatan pemanfaatan alsintan yang dikoordinasikan oleh brigade alsintan  (Provinsi,Kabupaten/Kota, Korem/Kodim, Kecamatan/UPJA) serta melaksanakan evaluasi dan realokasi alsintan antar poktan/gapoktan/UPJA  (Kecamatan, Kabupaten/Kota, Korem/Kodim, Provinsi).

"Kegiatan sosialisasi ini juga akan dilaksanakan di tingkat kabupaten dengan mengundang kelompok tani/gapoktan/UPJA penerima alsintan, para penyuluh  serta brigade alsintan dalam waktu dekat" ujar Herlina.