JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mentan RI Buka Acara Spekta Horti 2018

Lembang- Acara Spekta Hortikultura Tahun 2018 telah dibuka oleh Menteri Pertanian RI, Dr. Ir. H. Amran Sulaeman MP. Untuk memperluas cakupan kegiatan dilaksanakan bersama-sama dengan Agro Inovasi Fair on the spot 2018 dan Florikultur Indonesia. Acara dilaksanakan di kebun dan kantor Balai Penelitian Sayuran (Balitsa).

Pembukaan dihadiri oleh DPR RI, Utusan Daerah, Pejabat eselon 1, 2, dan 3 lingkup Kementerian Pertanian termasuk Kepala BPTP Riau; beberapa pengusaha BUMN dan Swasta, serta petani.

Dalam acara tersebut, Menteri Pertanian melaunching ekspor tanaman hias, buncis dan tomat hasil petani setempat. Sebanyak sebanyak 306.000 set tahaman hias dracaena hasil Kelompok Tani Alamanda dilepas ke pasar di Asia dan Timur Tengah, sementara ekspor buncis dan tomat sebesar 600 ton ke Singapura dilakukan oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Wargi Panggupay bersama CV. Fortuna Agro Mandiri. 

Acara yang dilaksanakan selama 4 hari sejak tanggal 20 s.d 23 September 2018 juga diisi beberapa kegiatan antara lain pelatihan/bimbingan teknis, temu bisnis, demo masak berbahan baku buah dan sayur, lomba dll.

Dalam sambutannya Menteri Pertanian menyampaikan pentingnya penerapan taknologi untuk mencapai target swasembada hortikultura di Indonesia. Dengan teknologi yang diterapkan baik itu penerapan Alsin dan Bibit Unggul pada tahun 2018 ekspor naik 28%. Tahun 2019 penyaluran benih/bibit harus ditingkatkan untuk memenuhi target luas tanam komoditas hortikultura 6000 Ha (naik 500%).