JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Panen Raya Rokan Hilir

Rokan Hilir - Panen raya dilaksanakan di Desa Pematang Sikek, Kecamatan Rimba Melintang, Kab Rokan Hilir. Acara dihadiri oleh Plt. Gubernur Riau, Bupati Rokan Hilir, PJ Upsus Prov Riau, Direktur Perlindungan Tanaman, Dinas TPHBun Prov Riau, Kepala BPTP Riau, Kadis Pertanian Rohil, DPRD Provinsi dan Kabupaten, Forkompinda Rohil, Penyuluh dan Kelompok Tani

Luas lahan sawah di Kabupaten Rohil pada tahun 2017 adalah 14.674 ha dan sebanyak 1.881 ha berada di Kecamatan Rimba Melintang.  Produksi padi mencapai 6.595 ton dengan provitas rata-rata 4.52 ton/ha. Lahan sawah yang dipanen di Desa Pematang Sikek adalah 304 ha yang ditanami varietas Ciherang

Bupati Rohil menghimbau masyarakat untuk tidak mengalihfungsikan lahan sawah menjadi perkebunan. Disamping itu juga supaya petani terus meningkatkan produksinya melalui peningkatan pertanaman menjadi 2-3 kali pertahun.

Secara khusus Bupati Rohil mengapresiasi BPTP Riau yang telah memperkenalkan teknologi budidaya padi jarwo super melalui demplot pada 3 desa di Kabupaten Rohil.

Menteri Pertanian melalui Direktur Perlindungan Tanaman menyampaikan bahwa Pemerintah terus berkomitmen untuk mewujudkan swasembada pangan khususnya padi.  Berbagai program telah diluncurkan Kementan untuk mewujudkan swasembada pangan seperti bantuan benih, alat dan mesin pertanian, saprodi, dan program serap gabah petani. Luas tambah tanam setiap Kabupaten harus terus ditingkatkan untuk meningkatkan produksi padi. Kementan juga mengharapkan dukungan Gubernur, Bupati, TNI, dan pemangku kepentingan lain untuk mensukseskan program ini.