JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Riau Jadi Penilai Kegiatan Temu Karya Pra Peda Kota Dumai

Dumai - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai menyelenggarakan kegiatan Pra PEDA ke III KTNA Kota Dumai sebagai kegiatan awal dari rangkaian acara Pekan Daerah Provinsi Riau yang akan diadakan di Kabupaten Kuantan Singingi pada tahun ini.

Sri Swastika, SP penyuluh BPTP Riau berkesempatan menjadi salah satu anggota Tim Penilai Kegiatan Temu Karya pada acara Pra Peda KTNA Kota Dumai yang diselenggarakan di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai, Kamis (27/9/2018).

Acara temu karya merupakan ajang berbagi ilmu dan diskusi antar petani serta unjuk kreativitas petani dalam mengembangkan inovasi sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada. Karya karya petani ini lebih ditekankan pada pemanfaatan sumber daya lokal dan bagaimana inovasi tersebut menjawab kebutuhan teknologi spesifik lokasi petani di kota Dumai.

Peserta temu karya berasal dari kelompok tani se Kota Dumai berjumlah 7 kelompok, tiap kelompok terdiri dari 2 orang petani dan 1 orang PPL. Masing-masing mempresentasikan hasil karya mereka antara lain pupuk organik cair berbahan dasar urine sapi, pestisida nabati ramah lingkungan, alat perajang ubi kayu sederhana, pupuk organik cair berbahan dasar air kelapa, media tanam untuk persemaian dari sabut kelapa, media tanam hidroponik dari kulit ari talas dan air jelly organik untuk menahan kelembaban tanah berbahan dasar daun cincau.

Tidak hanya kelompok tani yang mendaftarkan diri sebagai peserta lomba yang hadir pada acara ini namun juga dihadiri oleh petani, PPL se Kota Dumai dan Penyuluh BPTP Riau (Dian Pratama, SP) yang juga berperan aktif dalam diskusi dan sharing.