JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bimtek Pemanfaatan Media Sosial untuk Penyebaran Inovasi Teknogi Pertanian Mendukung Kegiatan Penyuluhan Lebih Efektif

Pekanbaru - BPTP Riau melaksanakan Workshop Peningkatan Kapasitas Penyuluh BPTP di Aula Hangtuah BPTP Riau, Senin (09/10/2018). Workshop ini dibuka oleh Kepala BPTP Riau (Dr. Ir. Nana Sutrisna, MP) dan dihadiri oleh Kasubag. TU (Dwi Sisiriyenni, S.Pt, M.Si), Kasie. KsPP (Fahtoji, S.TP, M.Sc), penyuluh dan LO BPTP Riau.

Dalam sambutannya Ka. BPTP Riau menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat diperlukan sebagai upaya dalam rangka meningkatkan pengetahuan dalam hal penyediaan materi diseminasi. “Materi penyuluhan yang dikemas dengan video singkat akan lebih memudahkan kegiatan penyuluhan karena terdapat narasi dan dokumentasi di dalamnya sehingga petani akan lebih percaya untuk menerapkan teknologi yang disampaikan tersebut” paparnya.

Bimtek Pemanfaatan Media Sosial untuk Penyebaran Inovasi Teknogi Pertanian yang merupakan bagian dari Kegiatan Peningkatan Kapasitas Penyuluh BPTP dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penyuluh pertanian di BPTP Riau agar mampu mengemas dan menyajikan informasi teknologi dengan baik serta mampu meramu informasi menjadi lebih inovatif.  Bertindak sebagai narasumber yaitu Dani Medonovianto dan Achmad Sukriya dari Tim Production House Balitbangtan yang menyampaikan berbagai data dan informasi mengenai penggunaan media sosial di Indonesia serta pengaruhnya terhadap perubahan. Keberhasilan program penyuluhan pertanian dapat tercapai apabila didukung oleh para penyuluh pertanian yang profesional, kreatif, inovatif, kredibel dan berwawasan global dalam bidang penyuluhan dan agribisnis. Penyuluh pertanian harus terbuka akan perkembangan teknologi informasi dan komputer (TIK)  baik digital internet maupun media sosial.

Setelah penyampaian materi dan diskusi, masing-masing peserta dibagi menjadi 4 kelompok dan ditugaskan membuat video singkat tentang informasi teknologi pertanian yang ada di BPTP Riau dan melakukan editing menggunakan smartphone dengan aplikasi kinemaster. Diharapkan setelah pelatihan ini, peserta khususnya Penyuluh Pertanian BPTP Riau dapat lebih intensif mendiseminasikan informasi teknologi pertanian dan semakin kreatif, inovatif, berdaya saing dalam mendiseminasikan inovasi kepada petani.