JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Posyandu Upsus Siwab Berikan Layanan Terpadu

Kuansing-Tim Siwab BPTP Riau bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kuantan Singingi melaksanakan kegiatan pelayanan terpadu Upsus Siwab di Desa Koto Peraku, Kec. Cerenti dan Desa Lubuk Tarontang Kec. Gunung Toar, Kabupaten Kuantan Singingi.

Kegiatan ini terlaksana dengan bantuan beberapa orang petugas inseminasi, Pemeriksaan Kebuntingan (PKB) dan Asisten Teknik Reproduksi (ATR). Layaknya posyandu manusia yang memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita, Upsus Siwab juga melayani ternak khususnya sapi untuk sinkronisasi birahi, pemeriksaan kebuntingan, pemberian vitamin dan pengobatan terhadap ternak yg sakit.

Sinkronisasi birahi (estrus) adalah teknik untuk membuat sapi birahi sesuai dengan waktu yang  dikehendaki dengan tujuan supaya kelompok sapi birahi secara bersama-sama. Pemeriksaan kebuntingan sapi betina dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah palpasi rektal. Pemeriksaan hanya dapat dilakukan oleh dokter hewan yang berpengalaman, ATR atau Petugas PKB.

Melihat antusiasme dan jumlah peternak yang mendatangi posyandu upsus siwab ini, diharapkan kegiatan siwab di Kabupaten Kuantan Singingi dapat mencapai target. Dengan demikian, populasi ternak sapi dan kerbau dapat berkembang sesuai harapan serta kesehatan ternak juga terjamin.