JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Wujudkan Wirausahawan Bawang di TTP Siak, BPTP Riau Utus Petani ke Brebes

Brebes- Demi menggapai mimpi sukses menjadi wirausahawan bawang merah di Provinsi Riau, dua orang petani binaan Taman Teknologi Pertanian (TTP) Siak, Kab. Siak melakukan Studi Banding Manajemen Perbenihan dan Budidaya Bawang Merah di Kab. Brebes yang didampingi oleh Tim TTP Siak BPTP Riau (Suhendri Saputra, SP). Kamis (25/10/2018)

Kegiatan diawali dengan mengunjungi Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perkebunan Kab. Brebes dan diterima oleh Kabid Tanaman Hortikultura dan Perkebunan Kab. Brebes (Ir. Tanti Palupi, MP) dan Kasie Perbenihan dan Perlindungan Tanaman Hortikultura dan Perkebunan (Joko Triatno, SP). Tanti Palupi menyampaikan rasa bangga dan terimakasih atas kunjungan petani dari TTP Siak ke Brebes dan berharap dapat memberikan yang terbaik untuk kesuksesan petani bawang merah di Provinsi Riau.

Kunjungan dilanjutkan ke Penangkar Sukses Perbenihan Bawang Merah, Kelompok Tani Bima Salam, Desa Sisalam, Kec. Wanasari, Kab. Brebes  diketuai oleh Dulhadi yang merupakan Poktan Penangkar Perbenihan bawang merah. Poktan ini telah sukses  memasok umbi benih bawang merah ke seluruh pelosok nusantara dari Sabang sampai Merauke.  Luas lahan yang dimiliki adalah 7.820 ha dari total luas lahan 33.879 ha tanaman bawang merah yg tersebar di 17 Kecamatan di Kab. Brebes.

Dulhadi membagikan tip kunci sukses menjadi penangkar sukses bawang merah yaitu sabar, rajin, terus belajar, dan terus berdoa pada Allah.

Kunjungan selanjutnya adalah ke gudang penyimpanan benih bawang merah berkapasitas 100 ha yang dibangun secara swadaya oleh Dulhadi.  Tim juga belajar budidaya bawang merah secara langsung di lahan tanaman bawang merah varietas Bima seluas 4 ha, umur tanam 21 HST serta processing pasca panen bawang merah milik petani.