JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Riau Gelar Aptek Turiman dan Largo di Pulau Rupat

Rupat- Pulau Rupat merupakan sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Bengkalis dengan luas wilayah 1500 Km2 dengan jumlah penduduk +- 47.000 jiwa. Pulau ini terbagi menjadi dua kecamatan yaitu Kecamatan Rupat dan Rupat utara.

Untuk menjangkau pulau ini kita harus menggunakan transportasi laut berupa kapal roro, karena sulitnya transportasi di pulau rupat, maka berimbas pada minimnya kegiatan-kegiatan pemerintah daerah di bidang pertanian yang menyentuh langsung kepada Petani.

Untuk itu dengan penuh semangat BPTP Riau, Senin (5/11/2018) menggelar APTEK TURIMAN dan LARGO (Aplikasi teknologi tumpangsari tanaman padi dan jagung dengan larikan jajar legowo) untuk mendukung Program Upsus.

Kegiatan ini di laksanakan di Kecamatan Rupat dengan peserta sekitar 30 orang petani tanaman pangan dari Kecamatan Rupat dan Rupat Utara serta enam orang penyuluh pendamping.

Kegiatan Aptek ini terdiri dari penyampain materi dan diskusi serta kegiatan prektek tanam langsung yang dihadiri oleh tiga orang SDM profesional sebagai nara sumber dari BPTP Riau (Dahono, SP, M.Si) yang menyampaikan materi tentang Largo (larikan legowo), (Destiwarni, SP, MP) dengan materi Turiman dan (Suhendri Saputra, SP) dengan materi hama penyakit utama pada tanaman padi dan jagung.

Kegiatan Aptek yang di Koordinir oleh Penyuluh BPTP Riau Reni Astarina, STP ini di buka oleh Kepala BPP Rupat (Suherman). Dalam sambutanya beliau mengucapkan terimakasih atas kesedian BPTP Riau menggelar acara Aptek ini. "Hal ini sangat membahagiakan di tengah minimnya sentuhan dari pemerintah daerah di bidang pertanian" ujarnya.

Beliau mengharapkan kepada para petani dan penyuluh peserta Aptek untuk benar benar serius mengikuti dan aktif dalam sesi diskusi agar bisa sebanyak banyaknya menggali pengetahuan dan keterampilan dari BPTP Riau.

Selain itu Suherman juga mengharapkan kepada BPTP Riau untuk secara kontinyu melakukan pendampingan pada petani di Pulau Rupat.