Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

HIGHLIGHT

PHSL
E-Produk Litbang Pertania
Juknis Pengendalian Ulat Bulu
Katam
Pusataka Digital

Anda Pengunjung Ke

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday342
mod_vvisit_counterYesterday367
mod_vvisit_counterThis week342
mod_vvisit_counterLast week2135
mod_vvisit_counterThis month6567
mod_vvisit_counterLast month7079
mod_vvisit_counterAll days167189
PELAKSANAAN REGISTRASI DAN UJIAN THL TB PENYULUH PERTANIAN DAN CPNS DEPTAN TAHUN 2008 DI BPTP RIAU PDF Print E-mail
Info Aktual
Wednesday, 26 November 2008 16:35
ImageSuatu kehormatan bagi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Riau melaksanaan kegiatan penerimaan THL TB Penyuluh Pertanian dan CPNS untuk wilayah provinsi Riau dan provinsi Kepulauan Riau yang telah dilaksanakan sejak tanggal 23 – 26 November 2008 di Pekanbaru. Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan Registrasi untuk THL TB pada hari Minggu 23 November 2008 dan pelaksanaa ujian pada hari Senin tanggal 24 November 2008 diawali dengan apel yang diikuti oleh semua peserta ujian THL TB seluruh anggota panitia pelaksana, pengendali teknis dari Inspektorat Jenderal Departemen Pertanian dan Sekretariat Jenderal Departemen Pertanian selaku Koordinator serta unsur Kepolisian dari Polsek Bukit Raya Pekanbaru untuk menjaga keamanan selama pelaksanaan ujian THL BT dan CPNS berlangsung. 

Pengarahan dan sambutan serta tatatertib ujian masing-masing disampaikan oleh Ketua panitia daerah pelaksana rekruitmen tenaga harian lepas tenaga bantu dan calon pegawai negeri sipil yang disampaikan oleh Dr.Ir. Ali Jamil, MP selaku Kepala BPTP Riau dan Biner Sianturi dari Sekretariat Jendral Departemen Pertanian sedangkan sambutan Sekretaris Jendral Departemen Pertanian Dr. Ir. Hasanuddin Ibrahim, SPi atas nama Menteri Pertanian dibacakan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Provinsi Riau Drs H M Ramli Walid M,Si.Sedangkan sambutan Setjen Deptan untuk peserta ujian CPNS dibacakan oleh Kepala BPTP Riau Dr.Ir. Ali Jamil, MP.Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor KEP/309/M.PAN/9/2008 tanggal 17 September 2008 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Departemen Pertanian Tahun Anggaran 2008, maka Departemen Pertanian membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk mengisi lowongan formasi Departemen Pertanian Tahun 2008 untuk ditempatkan pada Kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Departemen Pertanian di seluruh Indonesia. 

Data dari Departemen Pertanian, pada saat ini jumlah penyuluh yang ada baru sekitar 44000 tenaga penyuluh yang terdiri dari Penyuluh PNS 28.000 dan Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian 16.000, sehingga masih mengalami kekurangan sebanyak 26.000 orang tenaga penyuluh pertanian. Hal tersebut yang mendasari Departemen Pertanian melakukan rekruitmen Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu ( THL TB ) Penyuluh Pertanian tahun 2008 agar dapat mempercepat proses pembangunan pertanian diwilayah pedesaan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan bagi pemerintah untuk mempertahankan ketahanan pangan karbohidrat, protein hewani/nabati maupun vitamin dan mineral serta yang lebih penting lagi yaitu untuk mempercepat swasembada beras dan jagung pada tahun 2008, seperti yang telah dicanangkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono pada saat panen raya di Sukabumi Jawa barat beberapa waktu yang lalu. 

Penerimaan Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu (THL TB) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Departemen Pertanian telah di buka sejak  tanggal 29 Oktober sampai 5 November 2008 melalui situs resmi Departemen Pertanian, Departemen Pertanian www.deptan.go.id dan Tabloid Sinar Tani, situs resmi Eselon I lingkup Departemen Pertanian serta beberapa situs resmi Unit Pelayanan Teknis (UPT) lingkup Departemen Pertanian dan untuk pertama kali Deptan menerapkan sistem Pendaftaran Pelamar dilakukan hanya melalui website Departemen Pertanian yang disediakan khusus di http://cpns.deptan.go.id secara on line.Tujuan Umum dari rekruitmen Tenaga Harian Lepas (THL) Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga Penyuluh Pertanian untuk satu desa satu penyuluh sehingga dibutuhkan sebanyak 70.000 tenaga penyuluh pertanian. Untuk mewujudkan harapan tersebut Menteri Pertanian mengingatkan kembali agar nantinya sumberdaya manusia pertanian (penyuluh pertanian) yang berkualitas, handal dan tangguh dengan ciri : mandiri, profesional, mempunyai dedikasi yang tinggi, disiplin, dan moral yang baik serta berwawasan global sehingga mampu membangun usaha tani pertanian dan pelaku usaha pertanian yarg berdaya saing tinggi. Lebih lanjut Setjen Deptan Dr.Ir Hasanuddin Ibrahim,Sp,I dalam pidato sambutannya yang dibacakan oleh Kadis Pertanian dan Hortikultura Provinsi Riau menguraikan beberapa hal penting pelaksanaan rekruitmen tenaga harian lepas (THL) Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian Departemen Pertanian tahun 2008 yaitu sebagai berikut :   

1.      Rekruitmen ini dilakukan secara serentak pada hari ini Senin tanggal 24 Nopember 2008 di 31 Propinsi seluruh Indonesia dengan jumlah peserta sebanyak 69.078 orang.

2.      Rekruitmen THL TB Penyuluh Departemen Pertanian tahun 2008 khusus diperuntukan pada wilayah Kabupaten sedangkan wilayah Kota berdasarkan data penyebaran penyuluh Badan Pengembangan SDM Pertanian dianggap sudah mencukupi jumlah penyuluhnya.

3.      Rekruitmen Tenaga Harian Lepas (THL) Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian akan diangkat sebagai Tenaga Harian Lepas dalam jangka waktu 10 bulan dan tidak bisa menuntut untuk diangkat sebagai CPNS Oepertemen Pertanian.

4.      Tenaga Harian Lepas (THL) Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian apabila karena suatu hal diberhentikan tidak akan menuntut ganti rugi dan atau uang pesangon.

5.      Pada saat ini tidak berstatus sebagai tenaga honorer yang sudah terdaftar pada database BKN baik tenaga Honorer yang dibiayai pusat (APBN) maupun daerah (APBD), karena hal tersebut bisa mengakibatkan yang bersangkutan tidak bisa diangkat menjadi CPNS.

6.   Tenaga Harian Lepas (THL) Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian sanggup ditempatkan diseluruh wilayah Republik Indonesia. Dari jumlah pelamar sebanyak 69.078 orang yang akan di terima sebanyak 10.000 orang dari perbandingan yang cukup mencolok itu Setjen Deptan mengingatka kembali bagi Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian yang dinyatakan lulus nantinya, bahwa pengangkatan tenaga bantu ini tidak menjadi dasar untuk mengangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Pertanian.(Herisman) 

Last Updated on Thursday, 27 November 2008 08:14
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com