JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Ka. BPTP Riau Diskusi Lapang Percepatan LTT dan Serangan OPT

Kempas- Indragiri Hilir merupakan kabupaten di Provinsi Riau yang memiliki luas baku sawah terluas yakni 25.071,29 ha yang terbagi pada 20 Kecamatan. Sekitar 1.770 ha berada di Kecamatan Kempas yang menjadi lokasi kegiatan Demplot jarwo super BPTP Riau. Pada Sabtu (22/7/2017) Kepala BPTP Riau, Dr. Kuntoro Boga Andri, SP, M.Agr dalam rangka percepatan LTT dan Serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) melakukan diskusi lapang dengan petani di Kecamatan Kempas.

Kegiatan lapangan didampingi oleh Ka. UPTD, 2 orang PPL, Babinsa dan Ketua Kelompok Tani Setia Karya Kelurahan Kempas Jaya.

Menurut Suristo salah seorang PPL, luas tanam padi di Kecamatan Kempas periode ASEP seluas 605 ha dan sebagian besar sudah IP 200-250. Serangan OPT yang dominan adalah Hawar Daun Bakteri. Sedangkan WBC ada di beberapa spot tetapi masih dalam serangan ringan (dibawah ambang ekonomi) dan OPT ini masih bisa dikendalikan.

Pada kesempatan itu Kepala BPTP Riau menyampaikan beberapa langkah yang dapat dilakukan guna mengendalikan serangan OPT tersebut diantaranya dengan penggunaan Varietas Unggul Baru seperti inpari yang diminati dan adaptif, Inpara untuk lahan pasang surut dan inpago di lahan kering daerah ini, serta tidak lagi menggunakan varietas lama sepertit IR 42, logawa, ciherang yang rentan Serangan WBC. Dianjurkan melakukan pengendalian OPT secara bijaksana dan terpadu.

hacklink nedir hacklink wso shell