JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Riau Bina Penyuluh di BPP

Air Tiris- Penyuluh BPTP Riau, Ir. Oni Ekalinda bersama Yogo Sumitro, SP beberapa hari yang lalu menjadi narasumber pada pertemuan rutin bulanan penyuluh tingkat kecamatan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Air Tiris, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar.

Pertemuan ini dihadiri Kepala BPP Kecamatan Kampar, Amarudin, SP, kelompok penyuluh bidang supervisi, Akmal, SP, Petugas POPT Kecamatan Kampar, Sumpono, SP, sebelas orang petugas penyuluh lapangan serta tujuh orang staf penyuluh.

Pada kesempatan ini Penyuluh BPTP Riau menyampaikan materi tentang Teknis Budidaya Padi Jarwo Super 2:1. Sistem jarwo super sudah cukup lama diketahui oleh penyuluh maupun petani, akan tetapi masih banyak petani di Indonesia belum mau menerapkan sistem budidaya jarwo super, untuk itu diharapkan seluruh penyuluh dan instansi terkait agar terus mensosialisasikan sistem jarwo super dikarenakan banyak keuntungan yang diperoleh.

Terdapat beberapa berbedaan perlakuan dalam budidaya jarwo super dengan sistem jarwo biasa, dimana apabila jarwo biasa hanya menggunakan pupuk urea, SP36 dan KCl secara berimbang, akan tetapi jarwo super menambahkan Pupuk Kandang dengan dosis 1,5 ton per hektar, bio dekomposer yang di semprotkan pada tunggul jerami sebelum pengolahan lahan serta penggunaan pupuk hayati yang diberikan pada persemaian.

Pada sesi tanya jawab banyak penyuluh bertanya baik yang berkaitan dengan materi pertemuan maupun berkaitan kebijakan di bidang pertanian.