JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Penyerahan dan Pemasangan Ferotrap

Keritang- Tim Pendampingan kawasan perkebunan BPTP Riau, Dr. Rustam, SP, M.Si dan Ahmad Nirwan, SP menyerahkan Ferotrap dan sekaligus mendampingi petani dalam pemasangannya kegiatan ini dilakukan di Desa Pembenaan, Kecamatan  Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir beberapa waktu yang lalu.

Ferotrap atau perangkap ini digunakan untuk pengendalian hama kumbang kelapa (Oryctes rhinoceros)  yang telah diberi obat feromonas. Feromonas adalah senyawa kimia berbahan aktif Ethyl 4-Methyloctanoate yang dapat mengeluarkan aroma khusus sedemikian sehingga dapat mengundang imago/kumbang dewasa untuk terbang mendekati sumber aroma yang membangkitkan gairah sex kumbang. Imago kumbang yang berada di sekitar feromonas akan segera berdatangan.

Ferotrap yang diserahkan ini dipasang pada lahan kelapa seluas 20 ha (demplot) pada  kawasan perkebunan kelapa di Parit Biuku Darat, Desa Pembenaan. Pada lokasi ini serangan kumbang sudah dikategorikan berat yaitu menyerang 9.572 pohon atau seluas 65 ha.

Selain dilakukan pengendalian kumbang menggunakan ferotrap, pada demplot ini juga akan dilakukan peningkatan produktivitas kelapa melalui pemupukan spesifik lokasi.