JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kopi Tani Menemani Diseminasi Teknologi Pemupukan

Kampar - BPTP Riau sebagai balai pengkajian memiliki tugas mendesiminasikan hasil-hasil inovasi teknologi spesifik lokasi kepada petani dan pelaku usahatani. Berkaitan dengan tugas diseminasi, BPTP Riau melaksanakan penyuluhan tentang Teknologi Pemupukan Padi Sawah sekaligus sosialisasi Kopi Tani kepada kelompok tani Pulai Tarandam di Desa Ranah Baru, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Rabu (6/9).

Penyuluhan ini dihadiri oleh Kepala BPP Kecamatan Kampar, H. Amrullah beserta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan petani dari kelompok tani Pulai Tarandam sebanyak 18 orang sebagai peserta. Hadir penyuluh BPTP Riau sebagai narasumber, Ir. Oni Ekalinda  

Memasuki bulan September ini, petani sudah mulai mengolah tanah sawah untuk ditanami padi. Penyuluhan terkait teknologi pemupukan diperlukan oleh petani supaya pemupukan dapat efektif dan efisien. Pada kegiatan dilakukan pengujian kadar N, P, K,dan pH tanah sawah petani menggunakan Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS). Rekomendasi hasil pengujian di lokasi adalah Pemupukan urea sebanyak 100kg/ha, TSP sebanyak 75 kg/ha, KCL sebanyak 50 kg/ha, serta pH tanah agak masam (pH 5-6) dengan rekomendasi sistem drainase konvensional dan pemberian pupuk N dalam bentuk urea. Selain itu, petani baru mencapai IP 100 dikarenakan kekurangan sumber air direkomendasikan untuk menanam palawija atau padi gogo di musim kemarau.

Penyuluhan memiliki peran untuk memberikan dorongan kepada petani agar mau mengubah cara berpikir, cara kerja dan cara hidup yang lebih sesuai dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi yang lebih maju. Teknologi telah berkembang pesat sehingga memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi secara cepat dan luas. Dalam kesempatan ini, dilaksanakan sosialisasi tentang cara mengakses Portal Kopi Tani yang telah di launching oleh BPTP Riau beberapa waktu lalu. Semoga Portal Kopi Tani ini, akan memudahkan petani dalam berkomunikasi dengan tenaga peneliti, penyuluh,dan litkayasa serta mudah mengakses teknologi yang dihasilkan oleh BPTP Riau.