JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bantuan Alsintan Dongkrak LTT

Taluk Kuantan- Dalam rangka koordinasi luas tambah tanam (LTT),  tim Upsus Pusat untuk wilayah Riau, Ir. Mewa Ariani, MS didampingi oleh Liason Officer (LO) Upsus Pajale Kabupaten Kuantan Singingi, BPTP Riau, Eka Novriandeni S. Pt beberapa waktu yang lalu melakukan koordinasi dengan gapoktan dan poktan di Kabupaten Kuantan Singingi yang sebelumnya pernah mendapatkan bantuan alat dan mesin pertanian, benih, pupuk dan input pertanian lainnya.

Dua gapoktan yang mendapat kunjungan tim upsus pusat tersebut adalah Gapoktan Seberang Taluk yang diketuai oleh Jusrian telah memperoleh bantuan UPO, alat mesin pertanian, pupuk dan kandang sapi. Dengan adanya bantuan tersebut gapoktan Seberang Taluk bisa menggarap lahan seluas 77, 49 ha, peningkatan Indeks Pertanaman (IP) yang sebelumnya IP 100 menjadi IP 200, meningkatkan provitas padi menjadi 6 ton/ha dari sebelumnya 4-4,5 ton/ha dan biaya produksi lebih hemat.

Kelompok Tani kedua yang dikunjungi oleh tim upsus pusat adalah Kelompok Tani Muaro Kali Subur, dengan ketua kelompok taninya Sabirin. Menurut PPL setempat, Husni Thamrin, selain alat dan mesin pertanian kelompok tani ini juga memperoleh bantuan pupuk dan pompa air. Luas garapan poktan Muaro Kali Subur adalah 10, 2 ha dengan potensi hasil sekitar 6 ton/ha.

Pada kesempatan yang sama tim BPTP Riau juga melakukan wawancara dengan kedua gapoktan dan poktan penerima bantuan untuk keperluan pembuatan film dokumenter. Sehingga upaya peningkatan produksi padi, jagung, kedele di Kabupaten Kuantan Singingi dapat didokumentasikan dalam bentuk film. Pembuatan film video sangat bermanfaat untuk evaluasi program upsus dan juga kepentingan diseminasi inovasi teknologi pertanian.