JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Diseminasi Jarwo dan PUTS pada Kelompok Tani Bencah Umbai

Tambang- Penyuluh BPTP Riau, Ir. Oni Ekalinda kembali melakukan penyuluhan untuk mendiseminasikan teknologi yang dihasilkan oleh Balitbangtan, kali ini penyuluhan dilaksanakan pada Kelompok Tani Bencah Umbai di Desa Balam Jaya, Kec. Tambang, Kab. Kampar. (11/9/2017.

Pada kesempatan itu, Oni Ekalinda memperkenalkan  sistem tanam padi jajar legowo (jarwo) sekaligus penerapannya di lapangan serta penentuan status hara tanah sawah menggunakan PUTS. Kegiatan ini dihadiri oleh 25 orang anggota kelompok tani Bencah Umbai yang memiliki  luas sawah 20 ha.

Dari hasil uji tanah menggunakan PUTS di lokasi tersebut diperoleh hasil analisa yaitu untuk kebutuhan urea 200 kg/ha,  SP36 100 kg/ha dan KCl 50 kg/ha dengan pH tanah berkisar 5 -6.

Petani sangat antusias menerima informasi teknologi introduksi dan berharap dukungan teknologi inovasi yg diintroduksikan BPTP Riau dapat bersinergi dan ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah untuk mempercepat keberhasilan usahatani padi, seperti ketepatan dalam penyediaan saprodi (tepat waktu, jumlah, harga, tempat), pembuatan jaringan irigasi dan penyediaan alsintan.