JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Rokan Hulu targetkan penambahan LTT September 200 ha

Rokan Hulu- Untuk mendukung program swasembada pangan yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui program upsus, beberapa hari yang lalu Liaison Officer (LO) Kabupaten Rokan Hulu, Usman, SP, M.Si melakukan koordinasi ke Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Rokan Hulu untuk percepatan luas Tambah Tanam (LTT) padi, jagung dan kedelai bulan September 2017.  Koordinasi ini dilaksanakan dengan Ka. Sie ANKABI dan staf pengembangan tanaman pangan.

Saat ini di Kabupaten Rokan Hulu padi sawah secara umum telah dilakukan penyemaian dan pengolahan tanah. di Kecamatan Rambah dan Rokan IV Koto petani telah selesai melaksanakan persemaian dan sebagian besar sudah melakukan pengolahan tanah, sehingga pada bulan September ini diperkirakan selesai tanam. Untuk Kecamatan Rambah Samo, terutama di desa Rambah Baru sebagian petani baru selesai melakukan panen, dan saat ini sedang dalam proses penanganan pascapanen. Berdasarkan rapat kelompok tani dengan penyuluh lapang dihasilkan kesepakatan bahwa penyemaian dan olah tanah dilakukan serempak pada minggu III September.

Selain padi sawah, sumber LTT padi berasal dari padi gogo, lahan untuk perluasan pertanaman padi gogo masih cukup luas, hanya saja pembukaan lahan memerlukan investasi tinggi jika dilakukan tanpa pembakaran, sehingga menjadi kendala yang serius, namun hal tersebut tidak menyurutkan langkah petani untuk bertanam padi gogo. Berdasarkan informasi dari penyuluh lapang kelurahan Rokan IV Koto, petani di lokasi tersebut telah melakukan pembukaan lahan 200 ha untuk Penanaman pada bulan Oktober 2017, namun memungkinkan untuk dipercepat pada akhir September.

Pertanaman jagung di Kabupaten Rokan Hulu telah melampaui target tanam yang direncanakan, dari 1387,5 ha rencana tanam, realisasi seluas 1485,5 ha atau sebesar 107,6%. Namun pertanaman kedelai masih di bawah target yang direncanakan, dari target tanam seluas 1185 ha, baru terealisasi 658,5 ha, atau sebesar 55,57%.