JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Peran Penyuluh Dalam Peningkatan Produktivitas

 

Pekanbaru- Diseminasi teknologi Badan Litbang Pertanian sangat diperlukan untuk mempercepat adopsi teknologi oleh penyuluh, petani dan pelaku usaha tani. Sejalan dengan tugas BPTP Riau sebagai Balai pengkajian dan diseminasi teknologi, Kepala BPTP Riau, Dr .Kuntoro Boga Andri, SP, M.Agr menyampaikan materi tentang dukungan teknologi untuk budidaya tanaman padi pada acara temu tugas penyuluh se Provinsi Riau yang diselenggarakan oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau di Hotel Mutiara Merdeka, Pekanbaru , Rabu (11/10).

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Riau, H. Arsyadjuliandi Rahman didampingi Kepala Dinas TPH Bun Provinsi Riau, Ketua KTNA Pusat dan Ketua KTNA Provinsi Riau. Hadir sebagai peserta 100 orang penyuluh se Provinsi Riau termasuk 4 orang penyuluh BPTP Riau, Taufik Hidayat, SP,MP, Ir Destiwarni, MP, Yogo Sumitro, SP dan Dian Pratama, SP.

Dalam sambutannya, Gubri menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap penyuluh di Provinsi Riau. Diharapkan kedepan ada perbaikan kelembagaan dan rencana bisnis petani dengan memanfaatkan penjualan secara online. "Provinsi Riau juga terus mengejar pembangunan insfrastruktur untuk meningkatkan perkembangan ekonomi di Provinsi Riau" imbuhnya.

Dr. Kuntoro Boga menyampaikan rasa terima kasih kepada penyuluh yang sudah mendiseminasikan teknologi dari Badan Litbang. Ditekankan peran penyuluh untuk mensosialisasikan pentingnya input teknologi untuk peningkatan produktivitas padi petani. Badan Litbang Pertanian telah menghasilkan beberapa Varietas Unggul Baru (VUB) padi yaitu Inpari 42,43, dan 44 Agritan GSR yang merupakan padi sawah efisien input, mutu premium dan tahan OPT, selain itu ada varietas Inpago 12 Agritan yang merupakan padi gogo produktivitas tinggi untuk tahan masam, serta masih ada beberapa varietas lainnya. Namun adopsi varietas baru ini masih rendah, apakah masalah distribusi benih, adaptasi kurang di lapangan, atau petani tidak mengetahui VUB ini. "Disinilah peran penyuluh sangat diharapkan untuk peningkatan adopsi VUB oleh petani" tambahnya.


 

hacklink nedir hacklink wso shell