Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

HIGHLIGHT

Pusataka Digital
Juknis Pengendalian Ulat Bulu
300 teknologi inovasi
Bank Pengetahuan Tanaman Pangan
PHSL

Anda Pengunjung Ke

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday101
mod_vvisit_counterYesterday288
mod_vvisit_counterThis week1592
mod_vvisit_counterLast week2288
mod_vvisit_counterThis month8167
mod_vvisit_counterLast month7079
mod_vvisit_counterAll days168789
GELAR TEKNOLOGI/ DISPLAY VUB PADI, JAGUNG DAN KEDELAI BPTP RIAU DI ARENA PEDA KTNA TINGKAT PROVINSI RIAU PDF Print E-mail
Written by Herisman   
Friday, 09 July 2010 09:34
60px × 39px 122.06 KbPeran BPTP Riau dalam rangka Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani Nelayan tingkat Provinsi Riau yang di selenggarakan pada tanggal 29 Juni sampai 3 Juli 2010 di Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak, dengan melakukan Gelar Teknologi atau display beberapa varietas unggul baru tanaman padi, jagung dan kedelai. Kegiatan ini merupakan bahagian dari Laboratorium Lapang ( LL ) dalam satu unit SL-PTT Padi.





Panen Raya dalam rangka PEDA KTNA tingkat Provinsi Riau
Di areal Gelar Teknologi BPTP Riau Kecamatan Bunga Raya
Kabupaten Siak (dok Herisman BPTP Riau 2010 )

Tujuan SL-PTT adalah untuk mempercepat alih teknologi melalui pelatihan dari penelitian atau narasumber lainnya. Keuntungan yang diperoleh petani adalah kebebasan memfermulasi ide,rencana, dan keputusan bagi usahataninya sendiri.
Selain itu petani akan memiliki kemampuan menggerakkan kelompok tani dalam alih teknologi kepada petani lain sehingga petani punya tanggung jawab untuk meningkatkan produksi dalam upaya mewujudkan swasembada.
Gelar Teknologi/display beberapa VUB Padi, Jagung dan Kedelai ini disiapkan sejak bulan Januari 2010. Penentuan lokasi display disesuaikan dengan acara Pekan Daerah ( PEDA ) KTN ke 13 tingkat provinsi Riau yaitu di Kecamatan Bunga Raya Kabupaten Siak, konsep dari display selain bahagian dari LL SL-PTT 0,25 ha berkaitan langsung dengan 60% dari 1.950 unit SL-PTT padi di Riau yang didampingi BPTP Riau dengan menyediakan paket teknologi spesifik lokasi termasuk penggunaan Verietas Unggul Baru Padi sebanyak 5 VUB setiap Laboratorium Lapang, disamping itu juga memberikan pelatihan bagi PL 2, PL 3 dan SL.
“ Display atau Gelar teknologi BPTP Riau yang kita lakukan ini bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau, Badan Koordinasi Penyuluhan Provinsi Riau, Dinas Pertanian, peternakan Kabupaten Siak dan BP2KP Kabupaten Siak. Merupakan bahagian dari kegiatan diseminasi dalam rangka PEDA KTNA di Bunga raya ini, display ini gambaran dari Laboratorium Lapang dalam satu unit SL-PTT yang kita dampingi di Riau ini “, kata Ir Ika Purwani, M.Si selaku penanggung jawab kegiatan diseminasi di BPTP Riau.

336px × 221px (scaled to 60px × 39px)85.36 KB (87411 bytes)Baliho Gelar Teknologi BPTP Riau di arena PEDA KTNA tingkat Provinsi di Bunga Raya Kabupaten Siak.
(dok Herisman BPTP Riau 2010 )











Kepala BPTP Riau Dr.Ali Jamil,MP mengatakan; “ Penggunaan VUB Padi beserta pengelolaaan hara spesifik lokasi dengan sistem tanam jajar legowo bertujuan untuk mengoptimalkan jumlah tanaman pinggir yang lebih banyak dan memberikan peluang pertumbuhan anakkan yang lebih optimal dengan menanam 1-3 batang benih perlubang tanam “. Katanya ketika mendampingi Wakil Gubernur Riau HR. Mambang MIT, Bupati Siak H. Arwin AS,SH mengunjungi stand pameran BPTP Riau di arena pameran PEDA KTNA di Bunga Raya.
 â€œ Ini suatu kehormatan bagi kita, display laboratorium lapang yang kita gelar ini menjadi bahagian acara pokok PEDA kali ini. Bahkan sempat di panen oleh Mentri Pertanian yang diwakili oleh Kapusbang SDM Kementrian Pertanian bersama Wakil Gubernur Riau “ kata Parlin Holomoan Sinaga, SP. MP Peneliti BPTP Riau selaku penanggung jawab teknis kegiatan Gelar teknologi/display.
Keberhasilan peningkatan produksi padi dengan menerapkan teknlogi pemupukan spesifik lokasi dan penggunaan sistem tanam jajar legowo 4:1 dengan 1-3 benih per lobang tanam mampu meningkatkan produksi dari 3,5 - 4 ton/ha menjadi 7,2 ton/ha.Hal ini juga dibuktikan dari hasil kegiatan Perbenihan dalam rangka mendukung Operasi Pangan Riau Makmur pada musim tanam pertama tahun 2010 dengan memperkenalkan VUB Ciujung mampu menghasilkan produksi 7,5 ton/ha.
Panen raya yang dilakukan di tengah areal Gelar Teknologi / display beberapa Varietas Unggul Baru ( VUB ) oleh Menteri Pertanian yang diwakili oleh Kepala Pusat Pengembangan Badan SDM Kementrian Pertanian Dr.Tan Mei Rachyat didampingi Wakil Gubernur Riau HR. Mambang MIT dan Bupati Kabupaten Siak H.Arwin AS, SH serta Kepala BPTP Riau, Kadistan Provinsi Riau, Ketua DPRD, Camat Bunga Raya dan Ketua KTNA Provinsi Riau Nazaruddin Chaniago.
Setelah melakukan panen raya dilanjutkan dengan pencanangan penanaman Perdana IP Padi 300 di Kabupaten Siak dipandu oleh Parlin Holomoan Sinaga, SP. MP peneliti BPTP Riau dan hal yang sma juga telah dicanangkan oleh Bupati Kampar Drs. Burhanuddin Husin, MM beberapa bulan yang lalu di desa Geringging Kabupaten Kampar

336px × 221px 112.41 KB (115108 bytes)Tanam Perdana IP Padi 300 di Bunga Raya Kabupaten Siak
(dok Herisman BPTP Riau )











Sebuah kebanggaan tersendiri yang dapat dirasakan oleh anggota tim yang terlibat langsung sejak dari awal pelaksanaan sampai pada waktu panen.< Herisman >

Last Updated on Monday, 02 August 2010 06:46
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com