JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT

Tandan Kosong (Tankos) kelapa sawit  merupakan limbah yang dihasilkan dari Tandan Buah Segar (TBS) yang mengandung unsur hara N, P, K dan Mg. Provinsi Riau merupakan salah satu provinsi dengan luas tanaman kelapa sawit yang terluas di Indonesia. Dari sekitar 7,71 juta hektar perkebunan sawit di Indonesia, diperkirakan 24,55% atau 1,9 juta hektar terdapat di provinsi ini. Dari luasan tersebut banyak menghasilkan limbah tankos kelapa sawit yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai kompos karena memiliki kadar hara yang tinggi. Dekomposisi tankos kelapa sawit secara alami sangat lambat, memerlukan waktu yang cukup lama yaitu antara 6-12 bulan, oleh karena itu untuk mempercepat proses dekomposisinya perlu ditambahkan dekomposer yang mengandung mikroorganisme pengurai seperti Orligno yang dihasilkan oleh Balai Penelitian Tanah, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan kompos tankos kelapa sawit ini adalah sebagai berikut :  tankos kelapa sawit, dekomposer orligno, terpal, parang, air, gembor.

Langkah-langkah pembuatan kompos tankos kelapa sawit adalah sebagai berikut :

  1. Cacah tankos menggunakan alat, jika tidak ada bisa dengan cara potong dan belah tankos menjadi 4-8 bagian,
  2. Bentangkan terpal dan tumpuk tankos yang telah dicacah setinggi ± 30 cm, kemudian taburi dengan orligno secara merata, siram dengan air.
  3. Tumpuk lagi tankos yang telah dicacah ± 30 cm, kemudian taburi lagi dengan orligno dan siram lagi dengan air. Lakukan sampai ketinggian tumpukan ± 1 m.
  4. Tutup tankos tadi dengan terpal untuk menghindari panas dan hujan.
  5. Balik tankos setiap minggu, jika kering siram dengan air menggunakan gembor, tutup kembali dengan terpal.
  6. Lakukan pembalikan setiap minggu sampai 3 bulan atau kompos tankos sudah jadi. Ditandai dengan warna yang makin gelap/hitam dan telah melapuk.
  7. Dosis orligno 2 kg untuk 1 ton tankos.

Gambar 1. Dekomposer Orligno

Gambar 2. Pencacahan tankos kelapa sawit

Gambar 3. Penaburan dekomposer Orligno pada tankos yang telah dicacah

Gambar 4. Penyiraman tankos yang telah ditabur dekomposer Orligno

 

hacklink nedir hacklink wso shell