JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

TEKNOLOGI PERSEMAIAN CABAI MERAH

 

Pemilihan benih merupakan hal penting bagi pelaku usahatani cabai merah, karena benih yang baik dan sehat adalah dasar pertumbuhan tanaman agar dapat tumbuh dan dan berkembang serta berproduksi secara optimum. Penggunaan benih yang bermutu rendah akan menghasilkan persentase perkecambahan yang rendah, bibit yang kurang toleran terhadap cekaman abiotik dan lebih sensitif terhadap penyakit tanaman. Mutu benih mencakup mutu genetis, fisiologis, fisik, dan patologis. Rendahnya produktivitas tanaman terutama disebabkan oleh rendahnya mutu benih yang digunakan. Mutu patologis berhubungan dengan infeksi patogen terbawa benih baik yang terdapat di dalam maupun di permukaan benih

Tahap persemaian dilakukan untuk mempersiapkan tanaman yang sehat, kuat dan seragam sebagai bahan tanam yang akan dipindah ke lapang. Faktor yang berpengaruh dalam persemaian cabai adalah kualitas media persemaian yaitu yang mampu mencukupi kebutuhan air dan unsur hara, ruang untuk akar dan menyokong pertumbuhan tanaman. Media semai terdiri dari dari tanah, pupuk kandang, pasir (1:1:1).

Penanaman biji dapat dilakukan secara langsung atau melalui pesemaian terlebih dahulu. Penanaman biji secara langsung mengandung risiko kematian bibit yang lebih tinggi dibandingkan dengan melalui penyemaian. Untuk varietas hibrida yang harga benihnya relatif mahal, penanaman biji melalui persemaian sangat dianjurkan.

Selengkapnya...

Download File TEKNOLOGI PERSEMAIAN CABAI MERAH