JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

MANISAN TOMAT

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang.

 

Tomat salah satu buah yang sangat umum dikenal masyarakat didunia, yang memiliki ratusan kultivar tomat. Namun secara umum tomat dikenal berdasarkan dari kegunaanya yaitu untuk masak atau orang-orang lebih mengenalnya sebagai tomat sayur, dan juga jenis-jenis lain yaitu tomat buah dan tomat lalapan.

Kabarnya tomat sendiri pada mulanya kemungkinan berasal dari Amerika Selatan yang terletak di daratan tinggi pantai barat, kemudian setelah Spanyol menguasai daerah tersebut, tanaman tomat ini disebarkan di didaerah-daerah koloni yang lain termasuk seluruh benua Asia. Berdasarkan sumber Wikipedia asal mula tomat tersebut berdasarkan dari tulisan Andrew F. Smith yang berjudul "The Tomato in America"

Sebagai salah satu jenis buah sudah pasti tomat juga memiliki banyak manfaat diantaranya dapat mengatasi gusi berdarah dan sariawan, sembelit, melawan stroke dan penyakit jantung, mencegah kanker, memulihkan fungsi lever, sumber antioksidan alami dan lain-lain.

Tomat bisa juga dijadikan sebagai cemilan segar yaitu dengan mengolahnya menjadi manisan sehingga dapat dikonsumsi oleh orang-orang yang tidak begitu suka mengkonsumsi buah tomat secara langsung. Selain itu pengolahan tomat menjadi manisan dapat meningkatkan nilai tambah dari tomat tersebut.

Proses Pembuatan Manisan Tomat :

Bahan-bahan :

  1. 1.000 gram Tomat (yang merah dan agak mengkal)
  2. 250 gram Gula pasir
  3. 1   sdt Kapur sirih
  4. 1   sdt Garam
  5. 1   liter Air secukupnya

Cara Membuat :

  1. Cuci tomat dengan air mengalir, hingga bersih
  2. Sayat bagian ujung tomat membentuk silang atau (+) untuk mengeluarkan isinya
  3. Keluarkan isi tomat hingga bersih dengan cara memencet dan menekan bagian pangkal tomat
  4. Buat larutan air kapur sirih dengan mencampurkan kapur sirih dan air. Aduk hingga rata
  5. Masukan tomat yang telah dikeluarkan isinya ke dalam larutan kapur sirih hingga terendam selama 12 jam
  6. Cuci tomat yang sudah direndam larutan air kapur sirih hingga bersih
  7. Masukkan tomat yang sudah dicuci ke dalam wajan, tambahkan gula pasir dan garam
  8. Masak dan aduk perlahan-lahan hingga gula dan tomat tercampur rata. Air dari buah tomat akan keluar selama dimasak. Masak dan aduk-aduk hingga air mengering. Setelah kering, matikan api dan dinginkan.
  9. Bentuk tomat menyerupai kurma dengan cara ditekan dengan tangan
  10. Tata dalam tampah dan jemur di bawah sinar mataharai selama 2-3 hari hingga kering
  11. Kemas tomat kering rasa kurma dengan mika plastik