JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kerjasama


KERJASAMA BPTP RIAU DENGAN BEBERAPA INSTANSI DI PROVINSI RIAU

 

 


1.

Kerjasama antara BPTP Balitbangtan Riau dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Riau - Pendampingan dan Pengawalan Proses Pengembangan dan Implementasi Inovasi Teknologi Pertanian di Lahan Pekarangan, 2017

 

 Mengawali tahun 2017, telah dilaksanakan Penandatanganan MoU Kerjasama antara Kepala BPTP Riau, Dr. Kuntoro Boga Andri, SP, M.Agr., dengan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Riau, Hj. Sisilita Arsyadjuliandi, dalam rangka Pendampingan dan Pengawalan Proses Pengembangan dan Implementasi Inovasi Teknologi Pertanian di Lahan Pekarangan, yang ditandatangani di Pekanbaru, tanggal 14 januari 2017.

 Kerjasama ini kiranya sangat mendukung program kerja dan gerakan yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian, diantaranya adalah Gerakan Tanam Cabai yang merupakan Gerakan terpusat untuk selanjutnya akan dilaksanakan oleh seluruh Provinsi di Indonesia, termasuk di Provinsi Riau, dengan pelaksana Tim Penggerak PKK Provinsi, Kabupaten/Kota dan kecamatan.

 Oleh karena itu, salahsatu kegiatan yang telah dilakukan oleh BPTP Balitbangtan Riau, khususnya oleh Tim PKAH BPTP Riau untuk mendukung gerakan tersebut adalah TOT (Training of Trainer) Teknologi Budidaya Cabai yang diikuti oleh Pengurus dan anggota TP PKK Provinsi Riau, BKW Provinsi sekitar 20 orang, di Aula UPT Pelatihan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau pada tanggal 18 Januari 2017.

Selanjutnya, kerjasama ini akan terus dilaksanakan dalam rangka pendampingan inovasi teknologi pertanian di Provinsi Riau.

 

  2.


 

Pembangunan dan Pengembangan Tanaman Hias di Dusun Sei Bungo, Desa Sialang jaya, Kec. Rambah; Kegiatan Pengembangan Tanaman Hias dan Biofarmaka Kabupaten Rokan Hulu

 

Sejak tahun 2011, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu telah memulai menyusun dan merencanakan Pembangunan dan Pengembangan tanaman Hias khususnya di Dusun Sei Bungo, Desa Sialang Jaya, Kec Rambah dengan kegiatan pada tahun 2011 adalah Pewilayahan Komoditas Tanaman Hias di lokasi tersebut diatas. Untuk tahun 2012, direncanakan akan disusun Detail Enginering Design (DED) Pembangunan Fasilitas dan Pengembangan Komoditas Tanaman Hias di Desa Rambah Baru, Km. 6 Pasir Pangaraian termasuk Pembangunan Tanaman Hias khususnya di Zona C (Pemanfaatan pola Pekarangan) dan Kegiatan Uji Adaptasi Berbagai Jenis Tanaman Hias (Bunga) dan Pelatihan Petani untuk pembekalan pengetahuan petani dalam berusahatani tanaman hias dimaksud di dusun Sei Bungo, Deda Sialang Jaya, Kec. Rambah, Kab. Rokan Hulu. Adapun tujuan dari kerjasama ini adalah :

  1. Menyusun Detail Enginering Design (DED) Rencana Pembangunan Kebun Tanaman Hias termasuk Fasilitas Pendukungnya  di Km. 6, Pasir Pangaraian, Desa Rambah Baru, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu
  2. Melakukan Uji Adaptasi Berbagai Jenis Tanaman Hias (Bunga-bungaan) dataran Rendah di Dusun Sei Bungo, Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu
  3. Membangun Kebun Tanaman Hias (bunga-bungaan) termasuk kebun bibit beberapa jenis tanaman hias di Dusun Sei Bungo, Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu




 

3.

Pilot Project Peningkatan Produktivitas Padi Di Areal Pasang Surut, Pekerjaan Dem Area Peningkatan Produksi Padi Minimal 2 Ton Per Hektar Di Areal Pasang Surut, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau

 

Merupakan kegiatan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Pelalawan  yaitu SKPD Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Pelalawan dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Riau yang berjudul “Dem Area Peningkatan Produksi Padi Minimal 2 (Dua) Ton Per Hektar di Areal Pasang Surut, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau”. Kegiatan ini dilaksanakan pada sawah pasang surut dengan luas sekitar 50 ha dengan mengintroduksikan Varietas Unggul (VU) “CEKAU PELALAWAN dan KARYA PELALAWAN”, rekomendasi pemupukan spesifik lokasi, sistem tanam legowo, aplikasi PHT untuk pengendalian hama dan penyakit. Dengan penggunaan VU dan teknologi spesifik lokasi seperti tersebut di atas, diharapkan akan diperoleh peningkatan produktivitas padi dari rata-rata 4.07 ton/ha GKP menjadi  minimal sekitar 6,07 ton/ha GKP (peningkatan produktivitas minimal 2 ton/ha).

Kegiatan Pilot Project Peningkatan Produktivitas Padi Di Areal Pasang Surut, Pekerjaan Dem Area Peningkatan Produksi Padi Minimal 2 Ton Per Hektar Di Areal Pasang Surut, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau  yang  dilaksanakan pada pertanaman Musim Hujan Tahun 2012 meliputi: 1). Persiapan, 2). Penyusunan Proposal, 3). Melengkapi kelengkapan administrasi dan rapat/seminar pendahuluan, 4). Penentuan CPCL/petani Kooperator di lokasi 50 ha, 5). Sosialisasi dan Pelatihan Petani di lapangan,6). Budidaya tanaman mulai dari persiapan areal sampai pasca panen. 7) Pengamatan dan pengukuran berbagai parameter sesuai yang diuraikan pada bagian metodologi pelaksanaan kegiatan, 8). Temu lapang, 9) Analisis dan interpretasi data, 10). Penulisan draft laporan akhir, 11). Seminar Hasil Pilot Project/Kegiatan, 12). Penyempurnaan laporan Akhir dan sekaligus penggandaan laporan akhir kegiatan.

4. Kajian Pengembangan dan Penerapan Benih Unggul (Padi & Sagu) Hasil Rekaya Genetik
 

Merupakan Kegiatan Kerjasama BPTP Riau Dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Riau pada tahun  2012, Bertujuan untuk : (1).Melakukan kaji terap padi unggul hasil rekayasa genetik. (2).Mengetahui dampak penggunaan padi unggul hasil rekayasa genetik secara teknis, ekonomi dan sosial (3) .Mengetahui daya terima petani dan masyarakat terhadap pemanfaatan padi unggul hasil rekayasa genetik (4).Mengetahui jenis dan karakteristik tanaman sagu unggul di Kabupaten Meranti, Provinsi Riau.

Pengkajian ini terdiri dari dua sub kegiatan, yaitu (i) Kaji terap penggunaan padi unggul hasil rekayasa genetik, dan (ii) Identifikasi dan karakterisasi tanaman sagu unggul. Kaji terap penggunaan padi unggul hasil rekayasa genetik dilaksanakan pada lahan sawah petani di Kabupaten Kampar. Kajian ini menggunakan 3 varietas padi unggul hasil rekayasa genetik Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN), 1 varietas padi unggul hasil penelitian Badan Litbang Pertanian, dan 1 varietas padi yang biasa ditanam petani setempat. Dalam pelaksanaan kajian dilibatkan 5 orang petani dengan luas lahan total 1 ha. Dalam kajian dilakukan analisis teknis, ekonomi dan sosial terhadap penerapan padi unggul hasil rekayasa genetik. kegiatan identifikasi dan karakterisasi tanaman sagu unggul dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Meranti. Kegiatan menggunakan metode survey di 4 desa sampel dengan melibatkan 20 petani sampel/lahan sagu.  Analisis data untuk identifikasi dan karakterisasi tanaman sagu unggul menggunakan analisis deskriptif sederhana

5. Pengembangan Plasma Nutfah Buah-Buahan Tanaman Langka
 

Kegiatan Kerjasama ini merpukan lanjutan kerjasama tahun 2011 yang berlokasi di Kawasan Wisata Stanum Kabupaten Kampar. Penanggungjawab kegiatan ini adalah Kepala Balai Pengkajian Tekbologi Pertanian (BPTP) Riau yaitu Dr. Ir. Masganti, MS.

Beberapa tanaman yang ditaman di kawasan Stanum ini antara lain seperti pada gambar di bawah ini:

a. Tanaman di Blok A


 

 

 

 

 

 

b. Tanaman di Blok B

c. Tanaman di Blok D

d. Tanaman di Blok E


 

Selain kerjasama dengan Instansi Dinas Pemerintahan Daerah BPTP Riau juga bekerjasama dengan Kementrerian Ristek dalam bentuk Pengkajian Peningkatan Kemampuan Peneliti dan Perekayasa (PKPP). Pada tahun 2012 jumlah Pengkajian PKPP pada BPTP berjumlah 5 Pengkajian dengan judul sebagai berikut :

 
 
  1. Kajian Peningkatan Produksi Padi Gogo Melalui Pemanfaatan Lahan Sela diantara Karet Muda di Kabupaten Kuantan Singingi, Prov Riau.
  2. Kajian Peningkatan Daya Simpan Tandan Buah Segar Guna Meningkatkan Rendemen CPO di Prov. Riau.
  3. Kajian Penyusunan Formulasi Pakan Sapi dan Pembuatan Pupuk Organik Berkualitas Tinggi mendukung Program Integrasi Sapi dan Kelapa Sawit (SISKA) di Prov. Riau.
  4. Pengkajian Peningkatan Kesuburan Tanah dan Peningkatan Produktivitas Berbagai Jenis Tanaman Sela Melalui Pemanfaatan Produk Samping Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Prov. Riau.
  5. Kajian Model Inovasi Teknologi dan Kelembagaan Petani Dalam Mendukung Penumbuhan Perekonomian Pedesaan Berbasis Kelapa Sawit di Provinsi Riau.
hacklink nedir hacklink wso shell