JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Perpustakaan

 

Perpustakaan BPTP Balitbangtang Riau dibentuk seiring dengan terbentuknya BPTP Balitbangtan Riau berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 798/Kpts/OT.210/12/1994 setelah Balai Informasi Pertanian (BIP) Riau diserahkan dari Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pertanian ke Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian. Perpustakaan BPTP Balitbangtan Riau merupakan salah satu implementasi dari Tupoksi BPTP sebagai pelayan teknologi dan penyebarluasan hasil penelitian.

Pengelolaan perpustakaan di BPTP Balitbangtan Riau meliputi : pelayanan pengunjung, penambahan koleksi buku, pemeliharaan koleksi perpustakaan, pengembangan database dan upload pustaka digital, menyiapkan bahan dan mendokumentasikan hasil-hasil pengkajian dalam bentuk perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Secara umum koleksi perpustakaan BPTP Riau meliputi tanaman pangan, peternakan, hortikultura, perikanan, bidang ilmu yang berkaitan dengan pertanian seperti ekonomi pertanian, kesehatan pangan, biologi dan lain sebagainya.

Adapun di tahun 2016 yang lalu, Pengunjung perpustakaan yang tercatat di buku tamu digital sebanyak 720 orang.  Jumlah Penambahan Koleksi perpustakaan BPTP Riau hingga  31 Desember 2016 dapat dlihat pada Tabel berikut.

Jumlah Penambahan Koleksi Perpustakaan BPTP Riau Tahun 2016

No.

  Kategori

Jumlah 

Keterangan

1

Buku

92

Pengadaan

2

Jurnal

15

Sumbangan

3

Majalah

168

Sumbangan

4

Warta

10

Sumbangan

5

Laporan

3

Sumbangan

 

Jumlah

288

 

Sedangkan jumlah koleksi perpustakaan digital secara keseluruhan sampai pada tahun 2016 dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Koleksi Perpustakaan BPTP Balitbangtan Riau sampai pada Tahun 2016

No.

Kategori

Jumlah

1

Buku

2202

2

IPTAN

1095

3

Majalah

6226

4

PT TAN

15

5

KPTAN

17

6

Bibiografi

5

 

Jumlah

9560

Sebagai etalase BPTP Balitbangtan Riau, perpustakaan mulai  TA. 2009 telah mengoperasionalkan perpustakaan digital sehingga pelayanan bagi pengguna perpustakaan tidak harus berkunjung langsung ke perpustakaan BPTP Riau, melainkan sudah bisa diakses melalui jaringan internet.  Selain tidak harus berkunjung ke BPTP Riau, pengguna akan lebih praktis dalam mendapatkan informasi teknologi yang dibutuhkan dengan cara meminta informasi tersebut dalam bentuk soft copy.

Selain perpustakaan digital, BPTP Balitbangtan Riau telah memiliki website dalam dua versi yaitu Indonesia dan Inggris.  Pada website tersebut, disajikan informasi tentang teknologi unggulan, teknologi hasil pengkajian, data sumberdaya manusia, fasilitas yang dimiliki, jenis pelayanan yang bisa dilakukan, publikasi, kerjasama penelitian, dan berita yang memberitakan  kegiatan yang dilaksanakan di BPTP Balitbangtan Riau.

 

Jam Kunjungan:

Senin s/d Kamis, pukul 8.00 s/d 15.30

Jum'at, pukul 8.00 s/d 16.00
 
hacklink nedir hacklink wso shell