JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Diseminasi

 

DISEMINASI INOVASI TEKNOLOGI KOMODITAS STRATEGIS DAN

HASIL PENGKAJIAN SPESIFIK LOKASI

 

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Riau sebagai penyelenggara fungsi inventarisasi dan identifikasi kebutuhan teknologi tepat guna spesifik lokasi, penelitian, pengkajian dan perakitan teknologi pertanian spesifik lokasi serta penyiapan paket teknologi hasil pengkajian dan bahan untuk penyusunan materi penyuluhan pertanian, berusaha mendekatkan hasil penelitian kepada pengguna teknologi sehingga teknologi tersebut dapat bermanfaat melalui program diseminasi.

Agar hasil penelitian dapat dimanfaatkan oleh pengguna teknologi, hasil-hasil penelitian dari balai penelitian komoditas di tingkat wilayah, harus dilakukan verifikasi dan adaptasi untuk mendapatkan teknologi spesifik lokasi sesuai dengan karakteristik agroekologi dan sosial ekonomi setempat.

Pada Tahun Anggaran 2016, BPTP Riau melaksanakan  jenis kegiatan diseminasi, meliputi:

  1. Temu Komunikasi dan Praktek Pemecahan Masalah
  2. Temu Informasi Teknologi
  3. Peningkatan Kapasitas Penyuluhan
  4. Temu Teknis Litkaji (PAJALESABABE)
  5. Pameran/Expo
  6. Dialog Interaktif di TV Lokal
  7. Gelar Teknologi Hazton
  8. Taman Agroinovasi

Temu Komunikasi dan Praktek Pemecahan Masalah

Pada tahun 2016, kegiatan ini dilaksanakan di 3 Kabupaten, yaitu di Kab Rokan Hulu terkait topik teknologi varietas unggul kedelai yang dibudidayakan dengan pendekatan Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT), kemudian di Kab Kampar dengan tujuan untuk melaksanakan diseminasi hasil penelitian dan pengkajian yang telah dilakukan oleh Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tanaman Jatisari kepada para petani pelaku, yaitu mengenai metode pengendalian penyakit pada tanaman jeruk, yaitu dengan pemanfaatan agen hayati jamur Trichoderma sp. dan Gliocladium sp dan teknik pembuatan pestisida nabati untuk mengendalikan penyebaran penyakit yang menyerang tanaman jeruk. Selanjutnya di Kab Siak dengan melakukan praktek Gerdal Tikus akibat mewabahnya hama tikus di lahan pertanaman padi.

Temu Informasi Teknologi

Pada Tahun 2016, kegiatan ini dilaksanakan di 4 Kabupaten, yaitu di Kab Indragiri Hulu yang menyajikan 7 makalah. Pelaksanaan temu informasi teknologi berikutnya adalah di Kab Bengkalis dimana BPTP Balitbangtan Riau menyajikan 7 materi terkait informasi teknologi. Selanjutnya di Kab Rokan Hulu dengan tema teknologi budidaya aren, dan terakhir di Kab Indragiri Hilir dengan topik teknologi pengolahan kelapa.

Peningkatan Kapasitas Penyuluhan

Kegiatan yang dilaksanakan pada peningkatan kapasitas penyuluhan adalah sbb:

  1. Penyusunan program penyuluh pertanian,
  2. Temu teknis penyuluhan,
  3. Narasumber berbagai kegiatan,
  4. Koordinasi dengan Sekretariat Badan Penyuluhan Pertanian Provinsi maupun Kabupaten.
  5. kegiatan workshop, ekspose dan pameran yang diadakan oleh instansi Litbang Pertanian maupun Instansi daerah.

Temu Teknis Litkaji (PAJALESABABE)

Pada tahun 2016, terdapat 4 kegiatan temu teknis litkaji yang dilaksanakan, yaitu:

  1. Pemanfaatan Agen Hayati Parasitoid Trichogramma sp. di Kab Kampar
  2. Teknologi Budidaya Jagung dan Kedelai di Kab Kepulauan Meranti
  3. Teknologi Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Padi di Kota Dumai
  4. Teknologi Penanganan Pascapanen Padi, Jagung, dan Kedelai di Kab. Indragiri Hulu

Pameran dan Expo

Pada tahun 2016, BPTP Balitbangtan Riau berpartisipasi dalam beberapa pameran, diantaranya adalah:

  1. Pekanbaru Ekspose di Kota Pekanbaru
  2. Pameran MTQ di Kab Siak
  3. PEDA XV KTNA di Kab Indragiri Hulu
  4. Pameran Perpustakaan di Perpustakaan Prov Riau, Pekanbaru
  5. Hari Pangan Sedunia (HPS) di Boyolali, Jawa Tengah

Dialog Interaktif di TV Lokal

BPTP Balitbangtan Riau rutin melaksanakan Dialog Interaktif bekerjasama dengan Riau TV, dimana yang terakhir dilaksanakan adalah pada tanggal 14 Januari 2016 pukul 17.00 WIB yang ditayangkan secara Live di Riau Televisi yang beralamat di Jl. Soebrantas KM 10.5 Panam. Tema dialog interaktif tersebut adalah Antisipasi perubahan iklim terhadap produktivas Pertanian Provinsi Riau.

Gelar Teknologi Hazton

Teknologi Hazton merupakan salah satu inovasi teknologi dalam rangka peningkatan produktivitas padi. BPTP Riau pda tahun 2016 mencoba untuk mendiseminasikan inovasi teknologi tersebut melalui display tanaman padi yang dilaksanakan di Desa Muara Kelantan Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak.

Taman Agroinovasi

Pada tahun 2016, kegiatan yang dilaksanakan pada Taman Agroinovasi meliputi: (i) terbangun dan terpeliharanya satu paket taman agroinovasi di lingkungan BPTP Riau; (ii) terlaksananya layanan dan konsultasi teknologi pertanian di taman agroinovasi; (iii) terlaksananya diseminasi teknologi inovasi pertanian dalam bentuk taman agroinovasi