Sosialisasi dan Bimtek Padi Khusus di Kabupaten Siak

Hits: 53

Siak- BPTP Balitbangtan menyelenggarakan kegiatan bimtek demplot pengembangan VUB padi khusus Provinsi Riau pada Kamis (30/9/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Sungai Tengah, Kec. Sabak Auh, Kabupaten Siak dan dibuka oleh Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Siak (Suwandi, SP).
 
Dalam sambutannya Suwandi menyampaikan terimakasih atas dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini. Vub Padi khusus (Beras merah IR 24, Nutri Zink, Baroma, Tarabas ) merupakan solusi mengentaskan stunting masyarakat, mengandung nilai gizi lebih tinggi dan meningkatkan kesehatan. Dipilihnya lokasi ini dinilai bisa menyebarluaskan IPTEK yang disampaikan dan dapat diserap dan bermanfaat.
 
Sekdes Sungai Tengah Ahmad Suwandi dalam sambutannya berharap semoga dengan kegiatan ini akan meningkatkan nilai tambah dan produksi padi semakin meningkat. Petani diharapkan update pengetahuan untuk mengurangi hambatan dan rintangan dalam budidaya padi.
 
Penjab Kegiatan (Anis Fahri, SP. M.Si) memaparkan materi Kegiatan Pengembangan VUB padi khusus Provinsi Riau. Dalam sesi diskusi permasalahan yang umumnya disampaikan petani adalah masalah pemasaran dan petani berharap harga padi khusus ini bisa diambil diatas harga pasar lokal. Diharapkan peran stake holder memberdayakan kelembagaan usahatani seperti BUMdes utk memasarkan secara intensif (online) hasil pertanian yang ada pada desanya.