Ka. BPTP Riau Monev Kegiatan di Kab. Siak

Hits: 58

Siak- Rabu (6/10/2021) Kepala BPTP Balitbangtan Riau dan tim melaksanakan monev kegiatan di Kabupaten Siak. Pada kesempatan ini Kepala BPTP Balitbangtan Riau Dr. Ir. Sugeng Widodo, MP bertemu dengan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Siak (Ir. H. Budiman Safari, M.Kes) beserta Sekretaris Dinas dan para Kepala Bidang. Kepala Balai menyampaikan beberapa kegiatan yang sedang dilaksanakan di Kabupaten Siak. Selain itu juga disampaikan kegiatan pengembangan perbenihan kedelai dan padi yang perlu kerjasama dengan pihak kabupaten yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 ini. Diperoleh kesepakatan untuk kegiatan tersebut dengan luasan kedelai 3 ha dan padi 9 ha.

 
Selanjutnya dilakukkan kunjungan kegiatan BPTP Balitbangtan Riau di Kampung Jayapura, Kecamatan Bungaraya pada Poktan Mekar Jaya. Kegiatan Pengembangan Benih Sumber Hasil Inovasi Litbang Komoditas Padi di Kabupaten Siak menggunakan VUB Inpari 32 dan Inpari 42 dengan sistem tanam jajar legowo. Pertumbuhan tanaman padi cukup bagus dan berdasarkan pengalaman pada musim tanam pertama adanya serangan hama, sehingga pada saat ini dilakukan upaya pengendalian hama dengan pemasangan perangkap hama.
 
Kegiatan lainnya yang dimonitoring adalah Demplot Pengembangan VUB Padi Khusus di Desa Selat Guntung Kecamatan Sabak Auh. Saat ini memasuki MT II dan dalam proses persiapan lahan. Pertanaman akan dimulai pada minggu kedua bulan Oktober. Berdasarkan hasil pada MT I maka VUB Padi Khusus yang akan ditanam adalah Pamelan, Tarabas, Baroma, Nutri Zink dan Inpari 24. Sedangkan Varietas Arumba dan Jelitang tidak ditanam lagi karena pertumbuhan dan hasilnya tidak bagus.