Ka. BPTP Balitbangtan Riau Monev Kegiatan Perbenihan Manggis

Hits: 54

Pelalawan- Kepala BPTP Balitbangtan Riau (Dr. Ir. Sugeng Widodo, MP) melaksanakan monev kegiatan perbenihan manggis di Desa Segati, Kec. Langgam Kab Pelalawan, Kamis (7/10/2021).

 
Perbenihan manggis menggunakan varietas Ratu Tembilahan dan Kaligesing dengan jumlah produksi 1200 batang. Teknik yang digunakan dalam perbanyakan benih adalah sambung pucuk yang telah dilaksanakan 2 minggu yang lalu. Batang atas berasal dari indukan yang sudah disertifikasi yang terdapat di Desa Segati.
 
Melihat pertumbuhan hasil sambung pucuk, diperkirakan benih yang hidup mencapai 90%. Oleh karena itu, untuk mencapai target output perlu tambahan 10% jumlah benih yang disambung.
 
Kunjungan selanjutnya pada budidaya ayam KUB kegiatan Temu Teknis Peneliti Penyuluh di BPP Kulim Pekanbaru. DOC berumur 20 hari berjumlah 200 ekor. Sampai saat ini, kematian DOC 5%, sedangkan DOC yang hidup dalam kondisi sehat.
Perawatan rutin dilakukan seperti pemberian obat, pembersihan kandang, desinfektan kandang, dan penggantian alas kandang. DOC belum mendapatkan vaksin untuk meningkatkan kekebalan DOC terhadap penyakit. Kelengkapan yang perlu ditambahkan adalah papan jadwal aktivitas kandang dan plank merk.