BPTP BalitbangtanRiau Gelar Bimtek Pascapanen

Hits: 91
 
Rohil- BPTP Balitbangtan Riau melaksanakan bimtek pascapanen padi kegiatan Pengembangan Benih Unggul dan Teknologi Balitbangtan, Selasa (12/10/2021). Hadir dalam acara ini Kepala BPTP Balitbangtan Riau Dr. Sugeng Widodo, anggota DPRD Kab Rokan Hilir Krismanto, Camat Pekaitan, Kepala Desa Karya Mulyosari, PPL, dan anggota Poktan Tani Baru.
 
Kepala BPTP Balitbangtan Riau menyampaikan bahwa kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Kementerian Pertanian dan DPR RI Komisi IV dalam rangka diseminasi inovasi teknologi pertanian dan pemberdayaan petani. Rangkaian kegiatan mulai dari persemaian, penanaman, perawatan, panen dan pascapanen telah dilaksanakan. Kegiatan pascapanen padi sangat penting sebagai salah satu kunci untuk menekan kehilangan hasil (losses). Optimalisasi pascapanen juga perlu dilengkapi dengan alsintan untuk meningkatkan mutu gabah atau benih yang dihasilkan. BPTP siap mendampingi teknologi dan inovasi bekerjasama dengan pemerintah daerah dan stakeholder lainnya
 
Krismanto anggota DPRD Rokan Hilir menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan produksi padi. Pendampingan yang telah diberikan oleh BPTP terbukti meningkatkan provitas dari semula 4 ton/ha menjadi 7,2 ton/ha.
 
Selanjutnya dipaparkan materi oleh Peneliti BPTP Balitbangtan Riau Fahroji, STP, M.Sc tentang teknologi penanganan pascapanen padi untuk menekan kehilangan hasil. Kegiatan pascapanen meliputi pemanenan, perontokan, pengeringan, penggilingan, pengemasan, dan penyimpanan yang harus dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).
 
Acara selanjutnya adalah penyerahan benih hasil demplot sebanyak 500 kg sebagai sarana diseminasi kepada desa lain yaitu Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir untuk ditanam petani.