Balittra Sosialisasikan Teknologi Pertanian Lahan Rawa di BPTP Riau

Hits: 119

Pekanbaru- Kepala Balai Penelitian Lahan Rawa (Balittra), Agus Hasbianto, SP., M.Si., P.hD bersama 7 orang tim mengadakan kegiatan Hilirisasi Teknologi Pertanian Lahan Rawa Balittra di Aula Hangtuah BPTP Balitbangtan Riau, Pada hari Rabu (13/10/2021)

 
Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPTP Balitbangtan Riau (Dr. Ir. Sugeng Widodo, MP), Peneliti, Penyuluh dan Teknisi BPTP Balitbangtan Riau.
 
Kepala Balittra menyampaikan tujuan utama dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan dan menghilirkan teknologi yang telah dihasilkan oleh Balittra, sehingga hasil penelitian yang telah dituangkan dalam bentuk teknologi dapat dimanfaatkan oleh petani seperti teknologi pintu air, teknologi kesuburan tanah pemupukan, rekomendasi penataan lahan, teknologi system informasi dengan android, dll
 
Kepala Balittra juga mengatakan Balittra sangat perlu berkolaborasi dengan BPTP, karena dengan bersama-sama dengan BPTP diseminasi, penggalian potensi ataupun penelitian untuk menghasilkan teknologi spesifik lokasi itu bisa dicapai dengan baik.
 
“BPTP mempunyai peran yang urgen, melalui BPTP inilah teknologi-teknologi Balitbangtan termasuk teknologi yang dihasilkan Balittra akan tersampaikan ke user atau pengguna dengan baik” tambah Ka. Balittra.
 
Ka. Balitra berharap dengan mempresentasikan beberapa teknologi yang dihasilkan nantinya bisa didiskusikan dan ada masukan langsung dari BPTP Riau.
 
“Hal ini sangat penting bagi Balitra untuk mengetahui apa saja teknologi yang dibutuhkan khsususnya di Provisni Riau” tegasnya
 
Sementara itu, Kepala BPTP Balitbangtan Riau mengatakan siap mendukung hilirisasi teknologi lahan rawa Balittra, dan berharap teknologi yang dihasilkan Balittra dapat diterapkan di Provinsi Riau. Ka Balai juga meminta Balittra dapat melakukan penelitian-penelitian di Provinsi Riau karena Provinsi Riau memiliki lahan-lahan yang sangat berpotensi untuk dikembangkan.
 
Beberapa materi yang dipaparkan diantaranya pupuk hayati adaptif lahan rawa dan software pemupukan PATRA oleh Prof. (R) Dr. Ir. Mukhlis, MS, penataan lahan dan pengelolaan air oleh Dr. Mawardi dan teknolgi unggulan Balittra oleh Nurwakhid, P.hd dengan moderator Hery Widyanto, SP dan kegiatan ini diakhir dengan acara diskusi.