Peternak Kep. Meranti Studi Banding ke BPTP Riau

Hits: 71
Kampar- BPTP Balitbangtan Riau menerima kunjungan Studi Banding Kelompok Usaha Ternak dari 4 Desa se Kecamatan Merbau Kab. Kepulauan Meranti pada hari Jum'at (15/10/2021).
 
Studi Banding dilakukan untuk peningkatan pengetahuan dan kemampuan kelompok usaha tentang Budidaya Ayam KUB dimana kelompok usaha di Kecamatan Merbau tersebut sedang menjalankan Program Peningkatan Pendapatan Masyarakat Desa melalui budidaya ayam KUB dengan pemanfaatan bahan pakan lokal berbasis sagu parut kering. Program tersebut diinisiasi oleh Badan Restorasi Gambut (BRG) dan didukung oleh BUMDES se Kecamatan Merbau.
 
Agussalim Simanjuntak, MP penyuluh BPTP Balitbangtan Riau menjelaskan tentang inovasi teknologi fermentasi pakan dan teknologi probiotik herbal serta manajemen pemeliharaan ayam KUB dari awal pemeliharaan hingga mencapai umur panen 10 minggu dan pemeliharaan calon indukan dan pejantan.
 
Penekanan untuk mengembangkan usaha budidaya ayam KUB tersebut secara tekun dan efisien juga disampaikan agar semangat juang kelompok meningkat sehingga keberhasilan usaha dapat tercapai dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di Kecamatan Merbau dan Kabupaten Kepulauan Meranti.
Setelah diskusi peserta studi banding melihat langsung pemeliharaan indukan ayam KUB, penetasan dengan inkubator serta pengelolaan DOC yang baru menetas.
 
Di akhir kunjungan setelah dari lokasi IP2TP Kubang Jaya, peserta studi banding berkesempatan singgah di perpustakaan BPTP Balitbangtan Riau sekaligus memperoleh bahan cetak diseminasi dalam bentuk leaflet dan buku petunjuk teknis tentang manajemen budidaya ayam KUB.